ANALISA “TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE” TERHADAP EFEKTIVITAS PRODUKSI TONGKAT

Main Article Content

Muchtar Ginting

Abstract

Tongkat Aluminium adalah salah satu sarana rehabilitasi alat kesehatan yang berfungsi sebagai tempat duduk dan alat bantu untuk berjalan bagi pasien yang lumpuh atau yang mengalami gangguan fungsi kaki. Dalam proses produksi tongkat selalu terjadi cacad komponen yang sulit dihindari seperti tergores, berbekas, bentuk lubang bor yang tidak simetris. Jenis-jenis kerusakan/cacad komponen ini cenderung diakibatkan oleh sistem produksi, kurang terpeliharanya mesin/peralatan, dan lingkungan kerja maupun kemampuan atau keseriusan sumber daya manusia. Dari hasil observasi dan analisa data didapat bahwa komplekasi bentuk dan ukuran komponen berbanding terbalik dengan harga efektivitas produksi. Adapun komplekasi bentuk dan ukuran dan harga efektivitas produksi secara berurutan adalah Frame = 83,8 %, Seruling = 85,7 %, Kaki tongkat = 88,1% dan Poros handgrip = 92,3%. Untuk mengurangi cacad produksi sekaligus meningkatkan efektivitas produksi maka perlu penerapan "Total Productive Maintenance" karena TPM adalah sistem perawatan yang melibatkan semua karyawan dari manajemen puncak sampai ke pekerja, aktif dan responsive terhadap suatu masalah baik yang ada pada sistem maupun terkait pada material, mesin/peralatan yang dapat mempengaruhi efektivitas produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ginting, M. (2012). ANALISA “TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE” TERHADAP EFEKTIVITAS PRODUKSI TONGKAT. AUSTENIT, 1(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.4542654
Section
Articles

References

Agung Suryanto, THESIS “ANALISA PENGARUH TPM TERHADAP EFEKTIVITAS MESIN PACKAGING” Universitas Pancasila , Jakarta 2006

Bill Huber,”http/rockproduct-com/rock- efficiency formula" Feb.01,2003 12.00

Frank J. Riley, "Assembly Automation, A Management Handbook" Industrial Press Inc. Second Edition, New York, 1996
Internet,”http/www: Informasi-training- com/total-productive-maintenance-3 ”Oct.16' 2009 11.00 PM

Gopala Khrisnan Prof., “Maintenance & Spare part Management” Prentice hall of India 1991

Karmiadji, W Djoko, "Effective Maintenance Management", Hand- out Materi kuliah pada Program Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila.

Seichi Nakajima, "TPM Development Program", Penerbit Japan Institut for Plan Maintenance.

Brosur "SHIMA Hospital RehabilitationProduct " 2008

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>