ANALISA PERMASALAHAN KOMPONEN TEMPAT TIDUR PASIEN DENGAN METODE QFD

Authors

  • Muchtar Ginting Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4544229

Keywords:

QFD, Tempat Tidur Pasien

Abstract

Tempat Tidur Pasien adalah salah satu sarana rehabilitasi alat kesehatan yang berfungsi sebagai tempat istirahat baik duduk maupun tidur bagi pasien. Konstruksi alat ini terdiri dari tujuh komponen utama yang diproduksi secara manual dan harus memenuhi variabel kebutuhan konsumen yaitu aman, nyaman dan mudah dioperasikan. Untuk mengetahui apakah fungsi ke tujuh komponen telah memenuhi variabel kebutuhan konsumen, maka diperlukan suatu analisa yang penulis terapkan dari teori Quality Function Deployment (QFD) yang bertujuan untuk mengembangkan produk guna memuaskan konsumen dengan menerjemahkan keinginan konsumen ke dalam karakteristik teknis yang disyaratkan (design requirement). Dari hasil analisa terindikasi bahwa permasalahan terdapat pada Frame lantai yang terkait dengan : Desain, Proses Manufaktur dan ketelitian ukuran maupun tingkat kesulitan proses produksi yang mana semuanya ini saling terkait satu sama lain. Dalam rangka pemecahan permasalahan di atas sekali gus meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi maka disarankan desain sistem produksi yaitu menggunakan press tool.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Brosur, SHIMA Hospital Rehabilitation Product, 2009

2. Cohen L, Quality Function Deployment : How to Make QFD Works for You Addison Wesley-Publishing Company, Massachusets Tahun 1995.

3. Frank J. Riley, Assembly Automation, A Management Handbook, Industrial Press Inc. Second Edition, New York, 1996.

4. Rachela Novita, Riza Wahono, Asep Mohamad Noor, Analisis Peningkatan Kualitas Iklan Produk X dengan Menggunakan Software QFD Teknik Industri Universitas Gunadarrma.

5. Susanto, Perancangan & Pengembangan Produk, Bahan Kuliah Semester 1, Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila

Downloads

Published

2011-10-01

How to Cite

Ginting, M. (2011). ANALISA PERMASALAHAN KOMPONEN TEMPAT TIDUR PASIEN DENGAN METODE QFD. AUSTENIT, 3(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.4544229

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>