APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENYESUAIAN SILABUS TERHADAP SKKNI GAMBAR TEKNIK

Authors

  • Muchtar Ginting Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Moch Yunus Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Karmin Karmin Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4546641

Keywords:

Silabus, SKKNI Gambar, QFD

Abstract

Mengutip Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : KEP. 240/MEN/X/2004 pada poin pertama , Memutuskan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor  Logam dan Mesin yang didalamnya terdapat Drawing, Design and Drafting, poin kedua yaitu Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagaimana dimaksud dalam AMAR PERTAMA berlaku secara nasional dan menjadi acuan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan profesi. Politeknik Negeri Sriwijaya Jurusan Teknik Mesin adalah penyelenggara pendidikan yang di dalam kurikulumnya terdapat sejumlah matakuliah antara lain adalah Gambar yang dibagi menjadi tiga yaitu: Gambar Teknik diberikan pada semester 1, Gambar Mesin 1 diberikan pada semester 2 dan Gambar Mesin 2 (Berbasis Komputer) diberikan pada semester3. Silabus dan materi berdasarkan Referensi Menggambar Mesin dengan Standar ISO dan refrensi lain yang terkait.Untuk mengetahui apakah topik atau silabus Mata Kuliah Gambar pada Jurusan Teknik Mesin telah mencakup materi yang dibutuhkan pada Standar Kompetensi Gambar pada SKKNI, maka dilakukan penelitian tentang tingkat hubungan antara materi silabus sebagai objek dan SKKNI Gambar sebagai patokan kebutuhan konsumen dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD)dan hasilnya ditampilkan dalam matrik House Of Quality (HOQ). Hasil analisa terhadap kesesuaian kompetensi silabus dengan SKKNI Gambar terdapat aspek kritis sebagai hasil penelitian yang perlu ditindak lanjuti antara lain adalah belum adamya kejelasan tentang bagaimana mengorganisasi pemilihan, penggunaan alat gambar, simbol, suaian dan toleransi maupun Gambar Detail dari komponen permesinan. Untuk penyempurnaan materin silabus maka disarankan adalah perlunya tambahan materi terkait dengan SOP proses penggambaran mulai awal sampai selesai lengkap dengan sistim filing, order maupun perubahannya, perlunya pengenalan dan penekanan penggunaan Alat Gambar manual maupun komputerisasi secara utuh, serta diperbanyak latihan gambar assembling yang berkaitan dengan fungsi komponen dan proses pengerjaan permesinan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muchtar Ginting, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Moch Yunus, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Karmin Karmin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1.Bella Gusfia Sari , Fajar Shadiqin , Henika Aprilina , Nida Istiqomah , MeldaHerilianti Presentasi PKn AFTA 'asean free trade reas' Presentation Transcript.
2.BNSP, Sistem Sertifikasi Kompetensi Profesi dalam Rangka Pelatihan Penyusunan SKKNI
3.Cohen L, Quality Function Deployment : How to Make QFD Works for You, Addison Wesley-Publishing Company, Massachusets Tahun 1995.
4.Keputusan Menteri Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : KEP. 240/MEN/X/2004 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia sektor Logam dan Mesin sub sector Kendaraan ringan.
5.Muchtar Ginting, Analisa Permasalahan Komponen Tempat Tidur Pasien dengan Metode QFD.
6.Takeshi Sato dan Sugiarto, “Menggambar Mesin dengan Standar ISO”. PT.Pradnya Paramita. Jakarta, 2003 .
7.Team Jurusan Teknik Mesin, “Silabus Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya”, Edisi 2009.
8.Yayasan Indonesia Forum, “Kerangka Visi Indonesia 2030”, Jakarta 2007

Downloads

Published

2014-04-30

How to Cite

Ginting, M., Yunus, M., & Karmin, K. (2014). APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENYESUAIAN SILABUS TERHADAP SKKNI GAMBAR TEKNIK. AUSTENIT, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4546641

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>