ANALISA KOEFISIEN GESEK PELUMAS MESIN MULTI GRADE

Main Article Content

Muchtar Ginting
Sailon Sailon
Moch Yusuf
Reza Adhika Prasetyo

Abstract

Pelumas mempunyai peran yang sangat penting pada kinerja mesin. Pada umumnya di permesinan tenaga output didapat dari perkalian antara efisiensi dan tenaga input, untuk meningkatkan nilai efisiensi pada permesinan salah satunya ialah menggunakan pelumas pada bagian – bagian mesin yang mengalami gesekan. Untuk memiliki kinerja mesin yang optimal, diperlukan kualitas pelumas yang baik. Salah satu unsur yang penting adalah mampu mengantisipasi faktor gesekan yang terjadi di komponen mesin. Dengan menggunakan persamaan gaya pada motor, momen pada kunci, dan koefisien gesek akan diketahui nilai koefisien gesek oli tersebut. Pada uji coba yang dilakukan dengan menggunakan 5 jenis pelumas yang berbeda, dapat diketahui pelumas mesin mana yang memiliki nilai koefisien gesek terkecil, maka pelumas itulah yang lebih baik. Nilai koefisien gesek memiliki korelasi dengan besar momen, semakin kecil nilai koefisien gesek maka semakin besar momen dan semakin besar efisiensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ginting, M., Sailon, S., Yusuf, M., & Prasetyo, R. A. (2018). ANALISA KOEFISIEN GESEK PELUMAS MESIN MULTI GRADE. AUSTENIT, 10(2), 61–66. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547652
Section
Articles
Author Biographies

Muchtar Ginting, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

Sailon Sailon, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

Moch Yusuf, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

Reza Adhika Prasetyo, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

References

1. Agus,B.dkk. 2012. “karakteristik koefisien gesek permukaan baja pada bidang datar terhadap viskositas pelumas” Momentum, Vol. 8. No. 2. Oktober 2012. ISSN 0216-7395.

2. Anton, L, 1985, “Teknologi Pelumas”, Lembaran Publikasi Lemigas,PPTMGB Lemigas, Jakarta.

3. Arnoldi,Dwi. 2009. “pemilihan minyak pelumas/oli kendaraan bermotor”Jurnal austenit. Vol.1.No2.Oktober 2009

4. Bahar fitrianto . m .2015 .”Pengujian koefisien gesek permukaan plat baja st 37 pada bidang miring terhadap viskositas pelumas dan kekerasan permukaan” Momentum, Vol. 11. No. 1. April 2015. ISSN 0216-7395.

5. Bahar fitrianto. m .2015.”Pengujian koefisien gesek permukaan plat baja st 37 pada bidang miring terhadap viskositas pelumas dan kekerasan permukaan” Momentum, Vol. 11.

6. Fischer Ulrich.dkk.2008. Mechanical and metal trade handbook.

7. Khurmi R.S. dkk.2005.Textbook of Machine Design,

8. Nisbey-Rudynas.2008.Shigley’s Mechanical Engineering Design, Eighth Edition.McGraw-Hill.

9. Mott.RobertL.2009. elemen-elemen mesin dalam perancangan mekanis-buku 1. Andi Publisher.

10. Najamudin.dkk .2010.”Analisa sistem alat uji gaya gesek oli”.portalgaruda.org

11. Sularso, Kiyokatsu Suga. 2013. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita. No. 1. April 2015. ISSN 0216-7395.

13. Yanuar.2007.”koefisien gesek”.jurnalTeknik mesin.Universitas Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>