INOVASI PADA PENGEREMAN SEPEDA MOTOR KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE ABS (ANTILOCKED BRAKE SYSTEM)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya terjadi kecelakaan lalu-lintas, terutama pada pengoperasian sepeda motor. Salah satu factor penyebabnya adalah pada sistem pengereman. Ketika kendaraan harus berhenti mendadak karena sesuatu hal maka roda sepeda motor akan terkunci (locked), sehingga antara ban dan permukaan jalan akan terjadi gesekan kinetis yang berdampak pada hilangnya pengendalian sepeda motor. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mendapatkan sistem pengereman sepeda motor yang lebih efektip, sehingga dapat meningkatkan keamanan bagi pengendara sepeda motor. Metode penelitian bersifat kaji eksperimental yang dimulai dengan rancang bangun komponen ABS (antilocked Brake System). Eksperimen dilakukan dengan cara mengoperasikan kendaraan bermotor manual pada kecepatan tertentu, selanjutnya kendaraan di rem kejut. Respon pengereman dilihat dari jarak tempuh kendaraan sampai dengan posisi berhenti. Perlakuan tersebut juga dilakukan pada sepeda motor yang menggunkan sistem ABS. Keberhasilan penggunaan sistem ABS dianalisis dengan cara membandingkan kedua data pengereman tersebut. Dari kegiatan rancang bangun pengereman ABS dan dilanjutkan dengan pengujian, dapat disimpulkan antara lain:- Terjadi hubungan linier antara kecepatan dan jarak pengereman, baik untuk pengereman konvensional maupun pengereman ABS.- Frekwnwbsi getaran optimum untuk pengereman ABS adalah fopt = 11,5 cps, kapasitor yang dipakai mempunyai spesifikasi C = 130 μF- Pengereman ABS yang dikembangkan bersifat luwes (flexible), artinya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan- Komponen ABS murah hargya dan tersedia di berbagai toko suku cadang kendaraan bermotor- Perangkat keras ABS mudah dalam perawata serta perbaikan jika terjadi kerusakan.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Putri, F., Widagdo, T., Mardiana, M., & Ginting, M. (2018). INOVASI PADA PENGEREMAN SEPEDA MOTOR KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE ABS (ANTILOCKED BRAKE SYSTEM). AUSTENIT, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547637
Section
Articles
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to AUSTENIT as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
AUSTENIT and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in AUSTENIT are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.
References
Braasch, R.H., ‘Vertical Axis Wind Turbine Program”, Wind Turbine Workshop Procc, Sand 76-556, 1999
Effendy, S dan Widagdo, T., Model kincir Angin untuk Aerator Tambak Udang, Laporan penelitian P5D, 2000
El-Wakil,M.M., Powerplant Technology, McGraw-Hill Inc, 1984
Lysen, E.H.,Introduction to Wind Energy, SWD Journal Vol 13, 1997
Giles, R.V.,Thory and Problem of FLUID MECHANICS AND HIDROULICS, 2nd edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1977
Reynols, W.C Perkins, H.C,Engineering Thermodynamics, 3th edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1982
Yousef, A.G., ‘Wind Energy Potential in Bahrain’, FTEC Procceeding Vol I, Denpasar, 1994
Effendy, S dan Widagdo, T., Model kincir Angin untuk Aerator Tambak Udang, Laporan penelitian P5D, 2000
El-Wakil,M.M., Powerplant Technology, McGraw-Hill Inc, 1984
Lysen, E.H.,Introduction to Wind Energy, SWD Journal Vol 13, 1997
Giles, R.V.,Thory and Problem of FLUID MECHANICS AND HIDROULICS, 2nd edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1977
Reynols, W.C Perkins, H.C,Engineering Thermodynamics, 3th edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1982
Yousef, A.G., ‘Wind Energy Potential in Bahrain’, FTEC Procceeding Vol I, Denpasar, 1994