PENYIMPANGAN DIMENSI PROSES PRODUKSI GEAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DLP (DIGITAL LIGHT PROCESSING) 3D PRINTER

Main Article Content

Dicky Seprianto
Nur Hidayat
Romi Wilza

Abstract

Perkembangan Teknologi Manufaktur Sekarang mengalami Kemajuan Yang Sangat PESAT shalat Satu Metode PENGGUNAAN Bahan Bangunan hearts Teknologi Adalah SLA DLP 3D Printer . Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh parameter ketebalan lapisan dan waktu pencahayaan terhadap proporsi penyimpangan dimensi yang diaplikasikan pada prototipe gear , spesimen uji yang dibuat menggunakan printer SLA DLP 3Ddengan bahan 3D UV resin e-Sun dan mengacu pada ASTM D-955. Faktor-faktor yang diselidiki adalah Ketebalan lapisan dan Waktu Pencahayaan dengan respons ukuran dimensi dari spesimen uji. Dimensi yang diukur dalam penelitian ini yaitu diameter dan ketebalan spesimen uji. Analisis data hasil menggunakan SQC dan ANOVA dengan desain tingkat faktorial tipe 2, desain 3 interaksi faktorial (3FI), dan replikasi 3 dimodelkan dengan perangkat lunak Design-Expert (Trial) .Hasil analisis mengungkapkan bahwa faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kepresisian dimensi diameter dan ketebalan spesimen uji adalah faktor ketebalan lapisan dengan kontribusi kontribusi dimensi diameter dan tebal yaitu 21% dan 42%, serta proporsi penyimpangan dimensi diameter dan tebal yaitu 0,045% dan 0,80% .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Seprianto, D., Hidayat, N., & Wilza, R. (2021). PENYIMPANGAN DIMENSI PROSES PRODUKSI GEAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DLP (DIGITAL LIGHT PROCESSING) 3D PRINTER. AUSTENIT, 13(1), 13–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.4744091
Section
Articles
Author Biographies

Dicky Seprianto, Politeknik Negeri Sriwijaya

Staf Pengajar Teknik Mesin

Nur Hidayat, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin Produksi dan Perawatan

Romi Wilza, Politeknik Negeri Sriwijaya

Staf Pengajar Teknik Mesin

References

A.A. Setiawan, Karuniawan, B. Wiro., dan N. Arumsari. 2018. Optimasi Parameter 3D Printing Terhadap Keakuratan Dimensi dan Kekasaran Permukaan Produk Menggunakan Metode Taguchi Grey Relational Analysis. Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. e-ISSN No.2654-8631.

D. Seprianto, R. Wilza, dan Iskandar. 2017. Optimasi Parameter Pada Proses Pembuatan Objek 3D Printing Dengan Teknologi FDM Terhadap Akurasi Geometri. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada 2017. ISBN 978-602-73461-6-1.

I. Taufik, Herianto, dan M.K. Herliansyah. 2017. Monitoring dan Analisis Mesin 3D Printing Berbasis Sensor Getaran Untuk Mengoptimalkan Kualitas Hasil. Proceeding International Seminar 1st ECOSTECH.

M.E. Fabio dan A.E. Tontowi. 2018. Optimasi Parameter Proses Pada 3D Printer Jenis Digital Light Processing (DLP) Menggunakan Metode Response Surface Untuk Mencetak Prototype Stent Dengan Tipe Kecacatan Terendah. www.http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/165897#filepdf (diakses 26 Juli 2020).

M. Ginting, D. Seprianto, dan R. Wilza. 2017. Desain dan Rancang Bangun Alat Bantu Press Tool untuk Meningkatkan Produktivitas UKM Metal Furniture. Jurnal Austenit Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya Vol. 9 No.1 ISSN 2085-1286.

Setiawan, Agris. 2017. Pengaruh Parameter Proses Ektrusi 3D Printer Terhadap Sifat Mekanis Cetak Komponen Berbahan Filament PLA (Poly Lactide Acid). Jurnal Teknika STTKD Vol.4, No.2, ISSN : 2460-1608.

Sudjana, 1986. Metoda Statistika, Edisi ke IV, Penerbit Tarsito Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>