PENGARUH SPINDLE SPEED, FEEDING DAN DEPTH OF CUT PADA TURNING CNC DENGAN MATERIAL PLASTIK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN

Main Article Content

Dicky Seprianto
Romi Wilza
Zamheri Zamheri

Abstract

Turning (proses bubut) merupakan salah satu proses produksi yang pada prinsipnya adalah pengurangan diameter dari benda kerja. Proses-proses pengerjaan pada mesin bubut secara umum dikelompokkan menjadi dua yaitu: proses pemotongan kasar (roughing) dan pemotongan halus atau semi halus (finishing). Dengan berkembangnya teknologi pemesinan telah terjadi peralihan dari metode konvensional ke CNC (Computer Numerically Controlled), dimana dengan menggunakan mesin berbasis CNC, maka parameter proses pemesinan dapat dikendalikan lebih baik dan produk yang dihasilkan dapat dibuat dalam waktu relatif singkat dengan jumlah yang lebih banyak. Proses pemesinan identikdengan material yang berasal dari logam (ferro), akan tetapi dikarenakan sifatnya yang unrenewable, maka plastik sekarang banyak dikembangkan untuk menggantikan fungsi dari logam, sehingga parameter dari proses pemesinan dengan material plastik perlu diketahui untuk mendapatkan kualitas yang optimal ditinjau dari kekasaran permukaan benda. Pada penelitian ini akan menggunakan mesin Turning CNC dengan post processor tipe siemens S802s, dimana parameter yang akan diteliti adalah spindle speed, feedrate dan depth of cut dengan penggunaan media pendingin ataupun tidak. Sedangkan material plastik dalam bentuk silinder pejal berjenis HDPE (High Density PolyEthylene) sebagai benda kerja. Untuk seluruh data hasil pengukuran diperoleh hasil olah data multiple regression berupa model matematika yang diharapkan dapat dijadikan acuan dalam memprediksi nilai kekasaran permukaan berdasarkan parameter pengujian yang telah ditentukan yaitu : Kekasaran (Ra) =  3.84 – (0.17A) + (2.57B) – (0.14C) – (0.083AB - 0.092AC - 0.085BC - 0.089(ABC)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Seprianto, D., Wilza, R., & Zamheri, Z. (2014). PENGARUH SPINDLE SPEED, FEEDING DAN DEPTH OF CUT PADA TURNING CNC DENGAN MATERIAL PLASTIK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN. AUSTENIT, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4546644
Section
Articles
Author Biographies

Dicky Seprianto, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Romi Wilza, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Zamheri Zamheri, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1.…………. “Plastic”, http://wiki.answers.com/Q/Is_plastic_renewable_or_non_renewable diunduh tanggal 21-02-2013.
2.Ahvenainen, Raija, 2003, “Modern Plastics Handbook”, 1 ST Edition, Woodhead Publishing Limited, pp. 24.1.
3.…………. “Plastic”, http://id.wikipedia.org/wiki/Plastik, diunduh tanggal 21-02-2013.
4.MTS, 2011, “CNC-Basic”, BK & BM, Kaiserin-Augusta-Allee, Berlin.
5.Heru Sukanto, 2009, “Pengaruh Suhu Sintering Terhadap Densitas dan Kekuatan Komposit Plastik – Karet”, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakram Vol. 3 No. 1 hal. 57-61, Universitas Negeri Surakarta.
6.Yang, J.L., Chen, J.C., 2001, “A Systematic Approach for Identifying Optimum Surface Roughness Performance in End Milling Operations‖, Journal of Industrial technology”, Vol. 17, No. 2, February to April 2001, http://www.nait.org.
7.Huang, L., Chen, J.C., 2001, “A Multiple Regression Model to Predict In-process Surface Roughness in Turning Operation Via Accelerometer”, Journal of Industrial technology, Vol. 17, No. 2, February to April 2001, www.nait.org.
8.Johan Trygg, Svante Wold, 2002, “Introduction To Statistical Experiment Design”, University Of Queensland, Australia.
9.Lou, Mike S., et al., 1998, “Surface Roughness Prediction Technique For CNC End Milling”, Journal of Industrial Technology Vol. 15, No. 1.
10.Taufiq Rochim, 2007, “Klasifikasi Proses, Gaya dan Daya Pemesinan”, Buku 1, ISBN. 979-979-1344-050, Penerbit ITB, Bandung.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>