PENINGKATAN KESADARAN BERETIKA DI MEDIA SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MALANG

Penulis

  • Megasari Noer Fatanti Universitas Negeri Malang
  • Kun Sila Ananda Universitas Negeri Malang
  • Rani Prita Prabawangi Universitas Negeri Malang
  • Ananda Dwitha Yuniar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4349

Kata Kunci:

etika, literasi digital, media social, remaja

Abstrak

Media sosial saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Terlebih lagi pada generasi Z yang merupakan digital native. Maka dari itu, remaja perlu dibekali etika komunikasi dalam media sosial, hal ini karena seringnya kabur antara ranah privat dan publik di media sosial. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada siswa SMA di Kota Malang dan Guru MGMP PPKn Kota Malang. Dalam kegiatan ini, kami melaksanakan sosialisasi partisipatif mengenai etika bermedia sosial serta perilaku cyber bullying yang dapat dialami peserta didik di internet. Hasil yang didapatkan bahwa siswa belum banyak memahami etika yang harus dilakukan dalam bersikap di media sosial. Namun sosialisasi ini membantu mereka memperbaiki etika dan perilaku saat berselancar di dunia maya.

Referensi

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2016). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia: Survey Tahun 2016. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. CHANNEL: Jurnal Komunikasi ,3(2), 1-16.

Duarte, F. (2019, September 9). Berapa banyak waktu yang dihabiskan rakyat Indonesia di media sosial? Retrieved from BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49630216

Ikhsan, A. (2019, Maret 18). Saling ejek di media sosial berujung maut, satu pelajar tewas. Retrieved from Kompas.com: https://bogor.kompas.com/read/2019/03/18/12272721/saling-ejek-di-media-sosial-berujung-maut-satu-pelajar-tewas

Jayani, D. H. (2019, September 9). Berapa pengguna internet di Indonesia? Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-pengguna-internet-di-indonesia

Jones, Rodney H & Hafner, Christoph A. (2012). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. Oxford: Routledge.

Junaedi. (2017, Juli 18). Pria ini ditangkap polisi gara-gara tulis status "marthabak telor' di Facebook. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2017/07/18/13333791/pria-ini-ditangkap-polisi-gara-gara-tulis-status-marthabak-telor-di-facebook?page=all#page2

Lankshear, Colin & Knobel, Michelle. (2008). Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. New York: Peter Lang.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Natalia, E. C. (2016). Remaja, media sosial dan cyberbullying. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5 (2), 119-139.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Etika komunikasi dalam media sosial bagi ibu-ibu PKK di Desa Mekarmukti Kab.Bandung Barat. PROFETIK: Jurnal Komunikasi, 10 (1), 21-34.

Syafii, M. (2019, Desember 18). 4 fakta 2 perempuan mandi keramas di motor, iseng buat konten lucu hingga ditilang polisi. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2019/12/18/06100031/4-fakta-2-perempuan-mandi-keramas-di-motor-iseng-buat-konten-lucu-hingga?page=all#page2

Trekels, J., Karsay, K., Eggermont, S., & Vandenbosch, L. (2018). How sosial and mass media relate to youth's self-sexualization: Taking a cross-national perspective on rewarded appearance ideals. Journal of Youth and Adolescence, 47, 1440-1455

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02