PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK DESA CIJEMIT

Penulis

  • Heru Budianto Universitas Kuningan
  • Aji Permana Universitas Kuningan
  • Dede Irawan Universitas Kuningan
  • Adam Nurfauzan Subiyanto Universitas Kuningan
  • Mita Hanifah Salma Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4342

Kata Kunci:

cijemit, media sosial, pelatihan, produk

Abstrak

Promosi adalah penunjang dalam pemasaran dan penjualan produk. Promosi bertujuan untuk memastikan produk tersalurkan kepada konsumen. Desa Cijemit adalah sebuah desa di kecamatan Ciniru Kuningan Jawa Barat yang memiliki potensi desa baik dari sisi kuliner maupun wisata yang dihasilkan baik secara perseorangan maupun kelompok. Namun sejauh ini produk tersebut masih belum banyak dikenal dikarenakan media promosi dan area pemasaran masih terbatas. Selama ini masyarakat di desa cijemit sudah mengenal situs e-commerce, media sosial dan lainnya, namun pemanfaatannya masih kurang optimal dan terbatas untuk konsumsi hiburan dan belanja online dengan sistem COD. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk memberikan keilmuan, wawasan, dan pengetahuan dalam bentuk seminar dan pelatihan dalam penggunaan media sosial untuk promosi produk yang dihasilkan agar dapat berkembang. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemberian pemahaman, wawasan, keilmuan dan keterampilan dalam pengelolaan promosi menggunakan media sosial dalam hal ini facebook, Instagram dan blog. Berdasarkan hasil analisis dan diskusi didapatkan bahwa terjadi peningkatan keilmuan, wawasan dan pengetahuan dalam penggunaan media sosial sebagai media promosi dan meningkatnya kesadaraan akan pemanfaatan media sosial dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat

Referensi

C. Stephanie, “Berapa lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari?,” www.tekno.kompas.com, 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all. [Accessed 21 11 2021]. (accessed Nov. 21, 2021).

K. Rusman, D. Desie, M. D. Warouw, and D. Yuriewaty, “Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk,” Acta Diurna, vol. IV, no. 5, p. 7, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/viewFile/9455/9028.

M. S. et al Sofiyana, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy, vol. 4, no. 4, pp. 96–100, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3556/1732.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950.

S. C. Simamora, R. I. Permatasari, F. Ekonomi, U. Dirgantara, and M. Suryadarma, “Pelatihan Aplikasi Keuangan AKUNTANSIKU Bagi UMKM Binaan Wahana Visi Indonesia Jakarta,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy, vol. 4, no. 3, pp. 94–98, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3968/1648.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-03