MEMBANGUN LITERASI DIGITAL YANG KUAT : KEBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENCEGAH PENYEBARAN HOAKS

Penulis

  • Panji Ulum Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Nanang Al Hidayat Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Mela Sari Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Ha Esdhona Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Tarjo Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Mardansyah Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Zahlimar Z Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v6i4.8250

Kata Kunci:

Literasi Digital, Hoaks, Sosial Media, Digital Literachy, Hoaks, Social Media

Abstrak

This community engagement aims to discuss and implement strategies for building strong digital literacy to enhance community empowerment in tackling the spread of hoaxes. Through a series of activities such as counseling and training sessions digital literacy, we actively involve the community to improve their understanding of digital media, information verification, and hoax identification. The results show a significant increased in digital literacy skills and community awareness of invalid information. The program also provided a platform for collaboration between academics, practitioners, and the community to build a sustainable digital literacy ecosystem. In conclusion, this collaborative effort promotes community empowerment in combating the spread of hoaxes and strengthens collective defenses against misinformation.

Referensi

K. Pai, D. I. Silaban, J. I. Komunikasi, U. Katolik, and W. Mandira, “Benteng Literasi Digital : Mengasah Kemampuan Siswa Dalam Mencegah Penyebaran Informasi Negatif,” vol. 6, pp. 55–62, 2023.

Septanto H, “Pengaruh HOAX dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber,” Kalbiscentia, vol. 5, no. 2. 2018.

S. P. Paujiah, Sudadio, and Sholih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Mellaui Kelompok Usaha Budidaya Lebah Madu Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Keluarga Desa Sangkanmanik,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 106–115, 2023, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp106-115

A. Seputro, “Hubungan Antara Pemahaman Literasi Digital Dan Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta,” Lekt. J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 1, 2020.

R. Muti’ah, M. Ritonga, B. Bangun, Harimansyah, D. Febrianto, and S. Sulaiman, “Upaya Meningkatkan Literasi Baca Tulis Masyarakat,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 5, pp. 141–146, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp141-146

H. A. Naufal, “Literasi Digital,” Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 195–202, 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.

A. Muliani et al., “Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 2, 2021.

S. Masitoh, “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045,” Proc. ICECRS, vol. 1, no. 3, 2018, doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1377.

E. D. Oktaviyani, A. Lestari, and L. Licantik, “Membangun Literasi Digital Bagi Warga Desa Hurung, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau,” J. Nas. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.47747/jnpm.v2i2.386.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-04