PENYULUHAN PENGENALAN DUNIA DIGITAL MARKETING BAGI DESA CIBODAS
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4664Kata Kunci:
abdimas, digital marketing, kewirausahaan, entrepreneushipAbstrak
Revolusi media sosial telah sepenuhnya mengubah perilaku konsumen dan juga Internet. Strategi marketing yang dapat menjangkau para konsumen melalui kanal penggunaan Intenet, perangkat mobile, mesin pencari (search engines), dan sosial media di dalam koridor Internet broadband sangat diperlukan oleh para pebisnis. Strategi marketing ini dinamakan digital marketing. Selain strategi digital marketing yang perlu dibuat oleh pebisnis dalam abad ke-21 ini. Secara khusus, digital marketing merupakan literasi digital yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat desa dalam mengurangi dampak negatif digitalisasi serta menciptakan peluang bisnis memanfaatkan platform digital. Oleh karena masyarakat desa perlu dilengkapi dengan keterampilan digital marketing sebagai salah satu bentuk literasi digital, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Indonesia sudah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mendidik masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Cibodas Lembang tentang topik tersebut. Niat ini telah diwujudkan dengan mengadakan Webinar GRATIS yang terbuka untuk semua orang di Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Cibodas dengan topik “Pengenalan Dunia Digital Marketing". Pelatihan ini juga didukung oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer Jawa Barat (APTIKOM JABAR).
Referensi
Grubb, S. (2021) How Cybersecurity Really Works: A Hands-on Guide for Total Beginners, No Starch Press, San Francisco.
Cofriyanti, E. (2018) Pelatihan Google Apps bagi Guru SMK Negeri 3 Palembang. APTEKMAS, 1(2):1-5.
Internet World Stats (2015) [accessed 1 November 2015] World Internet Users Statistics [Online] http://www.internetworldstats.com/stats.htm
Zaman, M., Oktapriandi, S., dan Masnila, N. (2019) Perbaikan Manajemen Pemasaran terhadap Peningkatan Omset Produk Tenun Songket Palembang. APTEKMAS, 2(1):1-8.
Poltak, H., Muhfizar, Sirait, J., Ismail, dan Ristiani (2022) Peningkatan Kemampuan Pemasaran dan Pembukuan Sederhana di Desa Inovasi Kelautan dan Perikanan. APTEKMAS, 5(2):83-90.
Banks, S. (2012) Community Based Participatory Research A Guide to Ethical Principles and Practice, Center for Social Justice and Community Action, Durham University.
Hanafi, M., Naily, N., Salahuddin, N., Riza, A. K., Zuhriyah, L. K., Muhtarom, Rakhmawati, Ritonga, I., Muhid, A., dan Dahkelan (2015) Community-Based Research: Sebuah Pengantar. Surabaya: LP2M.
Barone, A., James, M., Perez, Y. (2021) [accessed 7 Januari 2022] Digital Marketing [Online] https://www.investopedia.com/terms/d/digital-marketing.asp
Kingsnorth, S. (2019) Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing 2nd Edition, Free Press, New York
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.