PENYULUHAN PENGENALAN DUNIA DIGITAL MARKETING BAGI DESA CIBODAS

Penulis

  • Hendra Bunyamin Universitas Kristen Maranatha
  • Julianti Kasih Universitas Kristen Maranatha
  • Tiur Gantini Universitas Kristen Maranatha
  • Teddy Marcus Universitas Kristen Maranatha
  • Hapnes Toba Universitas Kristen Maranatha
  • Djoni Setiawan Universitas Kristen Maranatha
  • Sherly Santiadi Universitas Kristen Maranatha
  • Rolando Vieri Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4664

Kata Kunci:

abdimas, digital marketing, kewirausahaan, entrepreneuship

Abstrak

Revolusi media sosial telah sepenuhnya mengubah perilaku konsumen dan juga Internet. Strategi marketing yang dapat menjangkau para konsumen melalui kanal penggunaan Intenet, perangkat mobile, mesin pencari (search engines), dan sosial media di dalam koridor Internet broadband sangat diperlukan oleh para pebisnis. Strategi marketing ini dinamakan digital marketing. Selain strategi digital marketing yang perlu dibuat oleh pebisnis dalam abad ke-21 ini. Secara khusus, digital marketing merupakan literasi digital yang diperlukan untuk  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat desa dalam mengurangi dampak negatif digitalisasi serta menciptakan peluang bisnis memanfaatkan platform digital. Oleh karena masyarakat desa perlu dilengkapi dengan keterampilan digital marketing sebagai salah satu bentuk literasi digital, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Indonesia sudah  melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mendidik masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Cibodas Lembang tentang topik tersebut. Niat ini telah diwujudkan dengan mengadakan Webinar GRATIS yang terbuka untuk semua orang di Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Cibodas dengan topik “Pengenalan Dunia Digital Marketing". Pelatihan ini juga didukung oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer Jawa Barat (APTIKOM JABAR).

Referensi

Grubb, S. (2021) How Cybersecurity Really Works: A Hands-on Guide for Total Beginners, No Starch Press, San Francisco.

Cofriyanti, E. (2018) Pelatihan Google Apps bagi Guru SMK Negeri 3 Palembang. APTEKMAS, 1(2):1-5.

Internet World Stats (2015) [accessed 1 November 2015] World Internet Users Statistics [Online] http://www.internetworldstats.com/stats.htm

Zaman, M., Oktapriandi, S., dan Masnila, N. (2019) Perbaikan Manajemen Pemasaran terhadap Peningkatan Omset Produk Tenun Songket Palembang. APTEKMAS, 2(1):1-8.

Poltak, H., Muhfizar, Sirait, J., Ismail, dan Ristiani (2022) Peningkatan Kemampuan Pemasaran dan Pembukuan Sederhana di Desa Inovasi Kelautan dan Perikanan. APTEKMAS, 5(2):83-90.

Banks, S. (2012) Community Based Participatory Research A Guide to Ethical Principles and Practice, Center for Social Justice and Community Action, Durham University.

Hanafi, M., Naily, N., Salahuddin, N., Riza, A. K., Zuhriyah, L. K., Muhtarom, Rakhmawati, Ritonga, I., Muhid, A., dan Dahkelan (2015) Community-Based Research: Sebuah Pengantar. Surabaya: LP2M.

Barone, A., James, M., Perez, Y. (2021) [accessed 7 Januari 2022] Digital Marketing [Online] https://www.investopedia.com/terms/d/digital-marketing.asp

Kingsnorth, S. (2019) Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing 2nd Edition, Free Press, New York

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03