MODERASI BERAGAMA DALAM MENJAGA KERAGAMAN BUDAYA MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Adek Kumala
  • Aulia Rahman
  • Ayu Annisa
  • Dewi Safitri
  • Fariz Miftach
  • Elly Warnisyah
  • Muhammad Iqbal Fahri MIF

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3586

Kata Kunci:

Moderasi Beragama, Keberagaman Suku dan Budaya, Pasar V Kebun Kelapa

Abstrak

Artikel ini membahas tentang bagaimana fenoma dan juga prinsip-prinsip moderasi islam di Desa Pasar V Kebun Kelapa selama pandemi Covid 19. Artikel ini juga memiliki tujuan untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya saling menjaga moderasi beragama dimasa pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan dan kepustakaan. Dengan pendekatan sosial keagamaan yaitu dengan cara melihat fakta-fakta yang sedang terjadi di masyarakat. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bagaimana sikap moderasi beraagama masyarakat Desa Pasar V Kebun Kelapa dalam keberagaman suku dan budaya yang berbeda dimasa pandemi Covid 19. Adapun hasil pemahaman yang didapat menunjukkan dalam moderasi beragama menjadi sebuah keharusan. Untuk itu umat seharusnya lebih memahami bagaimana menjaga keselamatan umat dan diri sendiri dikarenakan tidak adanya cara lain dibandingkan dengan memkasakan kehendak sendiri untuk beribadah dimasjid maupun dirumah ibadah lainnya.

Referensi

Syatar, A., Amiruddin, M. M., & Rahman, A. (2020). “Darurat Moderasi Keberagaman di Tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19)”. Kurioitas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, Vol. 13, No. 1, 1-13.

Sutrisno, E. (2019). “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Bimas Islam, Vol. 12, No. 1

Octavina, V., & Balady, M. H. (2021). “Pandangan Hukum Islam Pada Tantangan Moderasi Beragama Masyarakat Bali di Tengah Pandemi Covid-19”. Ngarsa: Jurnal of Dedication Based on Local Wisdom, Vol. 1, No. 1, 33-45.

Abror, M. (2020). “Moderasi Beragama Bingkai Toleransi (Kajian Islam dan Keberagaman)”. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 2.

Akhmadi, A. (2019). “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia”. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 2.

Safitri, Y., Harahap, N., Nabila, W. I., Purqon, K., & Kustiawan, W. (2021). “Wujud Kepedulian KKN-DR Kelompok 7 UINSU Terhadap Wabah Covid-19 Di Desa Sei Merincim Kutalimbau”. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 3.

Ariningsih, K. A., Desnanjaya, I. G. M., Aditama, W. P., Pramawati, I. D. A. T. (2021). “Analisis Dampak Penerapan Teknologi Bagi Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19’. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No.3.

Syafruddin, Noviati, W., Lestari, I.. D., Ramdhayani, E., Merdekawaty, A., & Sugiarto, S. (2021). “Pendamping Belajar Dari Rumah (BDR) Siswa MTS Al-Muddatsiriyah Pada Masa Pandemi Covid 19”. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02