KEGIATAN SOSIALISASI PENGENALAN MARKETING SECARA DIGITAL BERSAMA TOKO KERUPUK DAN KEMPLANG 770
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v7i2.8761Kata Kunci:
Pemasaran digital, Pelatihan, Desain Grafis, Usaha Kecil, Pemasaran, Digital Marketing, Training, Graphic Design, Small Business, Marketing.Abstrak
This community service activity aimed to introduce digital marketing to the employees of Toko Kerupuk dan Kemplang 770. The approach included educational materials on digital marketing and training on creating poster designs for marketing purposes using Canva. Conducted on April 21, 2024, the activity successfully helped employees understand and apply digital marketing concepts. The main benefit was the enhancement of employees' knowledge and skills in digital marketing. After the activity, the partner experienced a 15% increase in sales and a broader marketing reach through digital platforms. Despite suboptimal attendance, the activity had a significant positive impact on the store. This initiative is expected to assist the store in attracting more customers through improved marketing strategies.
Referensi
S. Sasa, D. Sapto Adi, M. A. Triono, and F. Supanto, “Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing,†Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, vol. 6, no. 3, pp. 358–371, 2021, doi: 10.26905/abdimas.v6i3.5366.
Tiawan, Musawarman, L. Sakinah, N. Rahmawati, and H. Salman, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor,†BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 476–480, Oct. 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.417.
A. P. Syahrir1, S. P. Zahirah2, and U. Salamah3, “Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman,†Prosiding Seminar Nasional, pp. 732–742, 2023.
M. N. Miftah, E. Rizal, and R. K. Anwar, “Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis),†JURNAL KAJIAN INFORMASI & PERPUSTAKAAN, vol. 4, no. 1, pp. 87–94, 2016.
K. Nur Isnaini, D. F. Sulistiyani, Z. Ramadhany, and K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,†Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 5, no. 1, 2021.
F. Indah et al., “Infographic Design as Information Media Of Wonolopo Tourist Village Perancangan Infografis Sebagai Media Informasi Desa Wisata Wonolopo Semarang,†Jurnal Seni Rupa, vol. 1, no. 7, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty
A. Kala’lembang, L. Widyanti, W. A. Rahayu, S. Y. Riska, and Y. A. Sapoetra, “Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva,†JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 91–102, 2021.
F. N. Miftahul Janah, H. Nuroso, and E. Isnuryantono, “Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.â€
S. Resmini, I. Satriani, and D. M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,†vol. 4, no. 2, pp. 335–343, 2021, doi: 10.22460/as.v4i2p%25p.6859.
G. Pelangi, U. Syarif, and H. Jakarta, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma,†2020.
N. Suhandi, D. Sartika, and I. Saluza, “Pemanfaatan Edutainment Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Rumah Belajar Ceria Desa Pedado,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 1–5, 2021, doi: 10.36257/apts.vxix.
M. Nadjmuddin et al., “Pendampingan Pembuatan Kemasan dan Iklan Kuliner Khas Daerah Produk Pedagang Kecil di Kecamatan Ilir Barat I Palembang,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 153–161, 2022.
S. Anas, D. Maulida, A. Hamid, N. Rumui, J. Manajemen Informatika, and P. N. Fakfak, “Pembuatan Video Profil Sekolah Pada Smk Yapis Fakfak Dalam Rangka Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru,†Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 4, pp. 68–73, 2023, doi: 10.36257/apts.vxix.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.