PENDAMPINGAN PEMBUATAN KEMASAN DAN IKLAN KULINER KHAS DAERAH PRODUK PEDAGANG KECIL DI KECAMATAN ILIR BARAT I PALEMBANG

Penulis

  • Muhammad Nadjmuddin Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Sunani Sunani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yusri Yusri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Indri Ariyanti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fitria Wulandari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Triana Putri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Winda Permata Putri Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4249

Kata Kunci:

promotion, advertisement, persuasive, packaging, culinary

Abstrak

Palembang tidak hanya terkenal dengan kain songket tetapi juga terkenal dengan makanan khas seperti pempek dan mie celor. Banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) kuliner yang membutuhkan pembinaan agar berhasil dalam usahanya. Mereka tidak memiliki sumber modal dan strategi untuk berkembang dan menghadapi persaingan usaha yang ketat. Salah satu bantuan yang diperlukan adalah membantu mereka memperbaiki kemasan mereka dan membuatkan iklan persuasif melalui promosi di media sosial. Dua UMKM tersebut, Cek Eha dan Mie Celor Ujuk Imam 26, berlokasi di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan   untuk membina dua UMKM tersebut agar dapat bertahan pada situasi sekarang melalui pembuatan kemasan produk dan pengembangan iklan secara daring. Kemasan produk yang baik dapat digunakan untuk kegiatan pengiklanan secara daring, yang diharapkan untuk meningkatkan penjualan selama pandemi. Kemasan mereka sebelumnya nampak tidak diperhatikan dan tidak menarik. Promosi dan penjualan mereka dikelola secara konvensional melalui transaksi tatap muka langsung dan daring secara terbatas, juga dari informasi secara pribadi sehingga pemesanan belum maksimal.  Program edukasi ini dilasnakan melalui penyuluhan dan pembinaan UMKM tersebut. Data hasil dari pretest dan posttest menunjukkan hasil positif. Kata Kunci: promosi, iklan, persuasive,  kemasan, kuliner.  

Referensi

R. B. Hendijani and B. H. Chern, “Food Hunting - A Search of the Past and Dream of the Future,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 144, pp. 218–222, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.290.

A. Özlem and N. Mehmet, “Eating Habits Changes During Covid-19 Pandemic Lockdown,” ESTÜDAM Halk Sağlığı Derg., vol. 5, pp. 169–177, 2020, [Online]. Available: https://dergipark.org.tr/tr/pub/estudamhsd/796735.

R. D. M. Cortese, M. B. Veiros, C. Feldman, and S. B. Cavalli, “Food safety and hygiene practices of vendors during the chain of street food production in Florianopolis, Brazil: A cross-sectional study,” Food Control, vol. 62, pp. 178–186, 2016, doi: 10.1016/j.foodcont.2015.10.027.

Y. K. Sung, H. H. “Sunny” Hu, and B. King, “Restaurant preventive behaviors and the role of media during a pandemic,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 95, no. March, p. 102906, 2021, doi: 10.1016/j.ijhm.2021.102906.

E. S. Yusmartini, F. Teknik, U. M. Palembang, F. Pertanian, and U. M. Palembang, “PENDAMPINGAN PELABELAN DAN PEMBUATAN WEBSITE UNTUK PEMASARAN PRODUK HASIL PENGOLAHAN SAMPAH DI TPS-3R KELURAHAN TALANG KELAPA,” vol. 3, pp. 8–13, 2020.

G. Westbrook and A. Angus, “Top 10 Global Consumer,” Euromonitor Int., no. January, p. 82, 2021, [Online]. Available: http://www.portal.euromonitor.com/portal/analysis/tab.

Y. Wang and Y. Li, “Understanding ‘Native Advertising’ from the Perspective of Communication Strategies,” J. Promot. Manag., vol. 23, no. 6, pp. 913–929, 2017, doi: 10.1080/10496491.2017.1323264.

O. Appiah, “Rich media, poor media: The impact of audio/video vs. Text/picture testimonial ads on browsers’evaluations of commercial web sites and online products,” J. Curr. Issues Res. Advert., vol. 28, no. 1, pp. 73–86, 2006, doi: 10.1080/10641734.2006.10505192.

J. Maxwell, “Designing a Qualitative Study,” SAGE Handb. Appl. Soc. Res. Methods, pp. 214–253, 2014, doi: 10.4135/9781483348858.n7.

H. Al-Samarraie, A. Eldenfria, J. E. Dodoo, A. I. Alzahrani, and N. Alalwan, “Packaging design elements and consumers’ decision to buy from the Web: A cause and effect decision-making model,” Color Res. Appl., vol. 44, no. 6, pp. 993–1005, 2019, doi: 10.1002/col.22427.

J. Li and H. Yu, “An Innovative Marketing Model Based on AIDA: - A Case from E-bank Campus-marketing by China Construction Bank,” iBusiness, vol. 05, no. 03, pp. 47–51, 2013, doi: 10.4236/ib.2013.53b010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-03