OPTIMASLISASI PRODUK CAMILAN DENGAN MANAJEMEN PRODUKS DAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Naila Kumala Universitas Jember
  • Dyah Purwita Wardani SWW Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.3732

Kata Kunci:

Usaha Mikro,Pendampingan dan Pelatihan, Pemasaran Produk

Abstrak

Usaha mikro di Indonesia mengalami perkembanan yang signifikan dari waktu ke waktu. Para pelaku bisnis mampu menghasilkan berbagai macam jenis produk ang beragam. Usaha mikro, kecil, dan meengah (UMKM) merupakan salah satu terobosan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat. Dalam perjalannya perkembangan usaha mikro juga diikuti oleh berkembangnya sistem pemasaran yang memasuki ranah media digital. Hal ini selain menjadi faktor yang mampu mendobrak pasang pasar, di sisi lain juga menjadi kendala untuk sebagian pelaku usaha mikro. Kurangnya pengetahuan dalam bidang digital dan pemasaran mengakibatkan beberapa pelaku usaha mikro tidak dapat bersaing dalam kondisi persaingan pasar yang kompetitif. Tujuan dari pengadian masyarakat yang di balut dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini yaitu untuk memberikan pendampingan dan pelatihan pada salah satu UMKM camilan yang ada di Desa Karangsari Kabupaten Banyuwangi sehingga UMKM dapat mengetahui dan memahami produk olahan yang baik dan peluang pasar digital. Kegiatan KKN ini dapat diselesaikan dengan baik secara keseluruhannya. Hal ini dapat diindikasikan dengan pencapaian yang telah didapatkan yaitu: mitra binaan sudah memiliki inovasi produk yang baru serta memiliki dan mampu mencetak logo kemasan pada produk. Mitra binaan juga mampu mempromosikan produk dengan pemasaran melalui media sosial. Diharapkan dengan pendampingan dan pelatihan ini pelaku usaha mikro sebagai mitra binaan mampu berwirausaha dan atau berbisnis secara mandiri dan berdikari terhadap produk hasil olahannya. Kata kunci : Usaha Mikro,Pendampingan dan Pelatihan, Pemasaran Produk

Referensi

Dzakiya, Nurul, et al. "Optimalisasi Produk Minuman Tradisional Seruputan PKK Putat Wetan dengan Program Kampung Mompreneur." Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 4.2 (2021): 244-249.

Handaruwati, Indah. "Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online." BBM (Buletin Bisnis & Manajemen) 3.1 (2018).

http://karangsari.desa.id/

Putri, Hedi Ajeng. "Penguatan Daya Saing Umkm O’bite Snack Melalui Strategi Pemasaran Online." Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas) 5.1 (2021): 35-48.

Tamtelahitu, Trientje Marlein, et al. "PELATIHAN TEKNIK DESAIN LOGO KEMASAN, PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KELOMPOK MAMA ROMI." Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 4.3 (2021): 6-13.

Widianti, Hesti, Mohammad Alfian, and Erni Unggul Sedya Utami. "Manajemen Pemasaran Modern Bagi Usaha Kecil Menengah di Kelurahan Slerok Kota Tegal." Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 4.2 (2021): 277-280.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-03