PENYULUHAN BAHAYA KEBAKARAN DAN UPAYA PENYELAMATAN BAGI ANAK DAN REMAJA DI JEMAAT GPI. PAPUA BETHLEHEM KOTA SORONG

Penulis

  • Febry Talakua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Papua - Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4815

Kata Kunci:

Children and Adolescents, Fire Hazards, Rescue Efforts, Knowledge.

Abstrak

Kebakaran yang terjadi akan memberikan dapak bagi masyarakat yaitu menimbulkan kerugian baik harta benda yang dimiliki maupun jiwa manusia. kebakaran merupakan bencana yang mengancam dan sangat ditakutkan bagi semua orang. Penyuluhan merupakan proses penyampian informasi kepada orang lain yang dilakukan oleh seorang penyuluh. Penyuluhan tentang bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan yang diberikan bagi pesekutuan anak dan remaja (PAR) jemaat GPI. Papua Berthlehem Kota sorong. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberika perubahan perilaku bagi anak dan remaja tentang bahaya kebakaran. Metode yang digunakan dalam penyuluhan adalah ceramah yang mengedukasi, diskusi dan tanyajawab serta penyampian materi dalam bentuk power point. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji posttest dan pretest yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pengetahuan 4,2 dan 8,1. Setelah diberikan penyuluhan maka ada Peningkatan pengetahuan dengan selisih sebesar 3,9. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan yang semakin baik serta perubahan perilaku pada anak dan remaja setelah dilakukan penyuluhan dan edukasi tentang bahaya kebakaran serta upaya penyelamatan. Untuk itu harapan kami kedepan pihak pemerintah, Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) dan Lembaga Keagamaan untuk meningkatkan dapat meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang penyuluhan bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan bagi anak dan remaja.

Referensi

. Kurniawati D. Taktis Memahami Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Bidang Teknologi Informasi. PT. Aksara Sinergi Media; 2013.

. Rashid NM, M. E, Jonemaro A, Akbar M. Implementasi Permainan Pemadam Kebakaran Menggunakan Teknologi Virtual Reality. J Pengemb Teknol Inf Dan Ilmu Komput. 2018;2(12):6936-6941.

. Nurwulandari FS. Kajian kemampuan masyarakat di permukiman padat dalam mitigasi kebakaran (studi kasus : Kelurahan Taman Sari, Kota Bandung). Infomatek. 2017;18(1):27.

. Anwas MO. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. 1st ed. Alfabeta; 2014.

. Soehatman R. Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Dian Rakyat; 2010.

. Rasyit A. Komunikasi Penyuluhan. Pusat Pengembangan Pendidikan; 2011.

. Sabrina I. Komunikasi Penyuluhan Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Pada Taman Kanak-Kanak Di Pekanbaru. JOM FISIP. 2018;5(II):3-4.

. Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Edisi Revi. (W, ed.). PT.RINEKA CIPTA; 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03