INOVASI PADA PENGEREMAN SEPEDA MOTOR KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE ABS (ANTILOCKED BRAKE SYSTEM)
Keywords:
ABS, Keselamatan, elektronikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya terjadi kecelakaan lalu-lintas, terutama pada pengoperasian sepeda motor. Salah satu factor penyebabnya adalah pada sistem pengereman. Ketika kendaraan harus berhenti mendadak karena sesuatu hal maka roda sepeda motor akan terkunci (locked), sehingga antara ban dan permukaan jalan akan terjadi gesekan kinetis yang berdampak pada hilangnya pengendalian sepeda motor. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mendapatkan sistem pengereman sepeda motor yang lebih efektip, sehingga dapat meningkatkan keamanan bagi pengendara sepeda motor. Metode penelitian bersifat kaji eksperimental yang dimulai dengan rancang bangun komponen ABS (antilocked Brake System). Eksperimen dilakukan dengan cara mengoperasikan kendaraan bermotor manual pada kecepatan tertentu, selanjutnya kendaraan di rem kejut. Respon pengereman dilihat dari jarak tempuh kendaraan sampai dengan posisi berhenti. Perlakuan tersebut juga dilakukan pada sepeda motor yang menggunkan sistem ABS. Keberhasilan penggunaan sistem ABS dianalisis dengan cara membandingkan kedua data pengereman tersebut. Dari kegiatan rancang bangun pengereman ABS dan dilanjutkan dengan pengujian, dapat disimpulkan antara lain:
-Â Â Â Â Â Â Â Terjadi hubungan linier antara kecepatan dan jarak pengereman, baik untuk pengereman konvensional maupun pengereman ABS.
-       Frekwnwbsi getaran optimum untuk pengereman ABS adalah fopt = 11,5 cps, kapasitor yang dipakai mempunyai spesifikasi C = 130 μF
-Â Â Â Â Â Â Â Pengereman ABS yang dikembangkan bersifat luwes (flexible), artinya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan
-Â Â Â Â Â Â Â Komponen ABS murah hargya dan tersedia di berbagai toko suku cadang kendaraan bermotor
-Â Â Â Â Â Â Â Perangkat keras ABS mudah dalam perawata serta perbaikan jika terjadi kerusakan.
Downloads
References
Effendy, S dan Widagdo, T., Model kincir Angin untuk Aerator Tambak Udang, Laporan penelitian P5D, 2000
El-Wakil,M.M., Powerplant Technology, McGraw-Hill Inc, 1984
Lysen, E.H.,Introduction to Wind Energy, SWD Journal Vol 13, 1997
Giles, R.V.,Thory and Problem of FLUID MECHANICS AND HIDROULICS, 2nd edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1977
Reynols, W.C Perkins, H.C,Engineering Thermodynamics, 3th edition, Mc-Graw-Hill-Inc, 1982
Yousef, A.G., ‘Wind Energy Potential in Bahrain’, FTEC Procceeding Vol I, Denpasar, 1994
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 AUSTENIT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the AUSTENIT right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
AUSTENIT, the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in AUSTENIT are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.