OPTIMASI KOPLING SENTRIFUGAL DENGAN VARIASI MASSA KAMPAS KOPLING

Main Article Content

Natabaya Saimona
Tri Widagdo
Dicky Seprianto
Moch Yunus

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa kampas koplingsentrifugal terhadap putaran masuk dan keluar pada mekanisme kopling sentrifugal. Penulis mencari untuk mengetahui apakah penggunaan beberapa model massa kopling sentrifugal ini lebih effesien jika dibandingkan dengan model standar pabrikan. Pengumpulan data dilakukan malalui pengamatan dan pengujian. Untuk menganalisa data menggunakan alat simulasi transmisi CVT dan diukur menggunakan alat ukur tachometer. Kesimpulannya bahwa semakin rendah massa kopling sentrifugal maka semakin mudah meraih menyalurkan putaran pada nilai putaran mesin rendah. Akan tetapi, semakin mudah kehilangan grip pada putaran tinggi. Penulis menyarankan bahwa untuk penggunaan jenis mekanisme kopling sentrifugan dengan massa kampas yang ringan sangat dianjurkan pada kendaraan atau perkakas permesinan yang membutuhkan akselerasi dan momen torsi yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saimona, N., Widagdo, T., Seprianto, D., & Yunus, M. (2016). OPTIMASI KOPLING SENTRIFUGAL DENGAN VARIASI MASSA KAMPAS KOPLING. AUSTENIT, 8(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4547567
Section
Articles
Author Biographies

Tri Widagdo, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Dicky Seprianto, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Moch Yunus, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1. Brown, T.H, Jr., 2005, Marks’ Calculations for Machine Design, McGraw-Hill companies, New York.
2. Khurmi, R.S., and Gupta, J.K., 1982, Text Books of Machine Design, Eurasia Publishing House (Pvt) Ltd, Ram Nagar, New Delhi 110055.
3. Shigley, J.E., and Mischke, C.R., 1996, Standard Handbook of Machine Design, McGraw-Hill companies, New York.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>