EEDUKASI PEMBUDIDAYAAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN HERBAL KELUARGA (TOGA) DI KAMPUNG MALAWOR

Penulis

  • Irfandi Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Papua
  • Julya Finsilya Ratulohoren Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Prisilya Prety Ruhukail Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Miranda Taborat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Eden Nasrani Manubuy Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Trysa Ade Wahyuningtias Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Susanti Debora Kadiwaru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Marcelino Brevian Pitres Sanggono Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua
  • Irham Marselino Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Papua

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4393

Kata Kunci:

Pembudidayaan, pemanfaatan, TOGA

Abstrak

Tanaman obat keluarga (TOGA) adalah jenis-jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sendiri dan dapat berguna untuk pengobatan juga dapat menjadi tanaman taman estetika. TOGA dapat memenuhi upaya kesehatan preventif (pencegahan penyakit,), promotif (peningkatan derajat kesehatan), kuratif (penyembuhan penyakit), dan rahabilitatif (pemulihan kesehatan). Kampung Malawor berada pada lokasi yang cukup strategis, dimana luasnya halaman balai desa dapat di manfaatkan sebagai taman tanaman obat herbal keluarga (TOGA). Tujuan edukasi dan pelatihan adalah untuk membudidayakan tanaman herbal (TOGA) dan memanfaatkan tanaman obat herbal keluarga (TOGA) oleh masyarakat Kampung Malawor. dan setelah dilakukan edukasi dan pelatihan masyarakat telah memahami cara pemanfaatan dan pembudidayaan tanaman obat herbal keluarga (TOGA). Kesimpulan dengan edukasi dan pelatihan telaah menambah pemahaman dan pengetahuan dalam membantu membudidaya obat herbal keluarga (TOGA) di Kampung Malawor.

Referensi

S. Aulia And Y. P. AW, "Pemberdayan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Toga Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Toga," Jurnal Abdi Bhayangkara, Vol. 2, Pp. 198-202, 2020.

N. L. P. E. Sudiwati, "Upaya Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Dan Kader," Jurnal Idaman (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), Vol. 3, Pp. 45-50, 2019.

F. Z. Muttaqin, W. Aligita, S. Muhsinin, D. Juanda, And A. Asnawi, "Desa Mitra Dalam Budidaya Tanaman Obat Keluarga Menuju Desa Cibiru Wetan Sebagai Sentra Herbal," Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3, Pp. 159-164, 2018.

I. D. Sari, Y. Yuniar, S. Siahaan, R. Riswati, And M. Syaripuddin, "Tradisi Masyarakat Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lekat Di Pekarangan," Jurnal Kefarmasian Indonesia, Pp. 123-132, 2015.

F. P. Utami, R. Matahari, And A. Ikhsanudin, "Pengoptimalan Potensi Alam Desa Melalui Penataan Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Dan Pengolahan Wedang Uwuh," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 8, Pp. 13-18, 2018.

D. Harefa, "Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA)," Madani: Indonesian Journal Of Civil Society, Vol. 2, Pp. 28-36, 2020.

E. Harfiani, A. Anisah, And A. Irmarahayu, "Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan Dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA)," Riau Journal Of Empowerment, Vol. 2, Pp. 37-42, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-14