PEMBERDAYAAN PKK DALAM PENGENALAN TOGA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN IMUNITAS DI ERA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ni Kadek Yuni Lestari STIKes Wira Medika Bali
  • Ni Made Nopita Wati STIKes Wira Medika Bali
  • Desak Made Ari Dwi Jayanti STIKes Wira Medika Bali
  • Ni Luh Putu Thrisna Dewi STIKes Wira Medika Bali
  • I Nyoman Sudarma STIKes Wira Medika Bali

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4180

Kata Kunci:

Pemberdayaan PKK, Toga, Imunitas

Abstrak

Pandemi COVID-19 secara global sudah terjadi lebih dari satu tahun akan tetapi belum menunjukkan adanya penurunan kasus, bahkan muncul kasus serupa yang disebabkan oleh virus corona yang telah bermutasi. Pemerintah berupaya mensosialisasikan prilaku pola hidup sehat dan pemanfaatan tumbuhan TOGA untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK dalam memanfaatkan TOGA sebagai ramuan tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh. Metode pengabdian terdiri dari melakukan pengukuran tingkat pengetahuan ibu PKK dengan menyebarkan kuisioner, pemberian edukasi melalui penyuluhan secara daring tentang Covid-19, pemberian tanaman toga dan jamu herbal. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat didapatkan data mayoritas responden berusia 36-45 tahun sebanyak 45 orang (34,4%), sebagian besar berpendidikan S1 sebanyak 36 orang (27,5%) dan bekerja sebagai karyawan sebanyak 62 orang (47,3%). Sebelum diberikan penyuluhan tingkat pengetahuan berada pada kategori kurang sebanyak 63 orang (48,1%) dan setelah diberikan penyuluhan sebagian besar pada kategori baik sebanyak 75 orang (57,3%), ibu PKK sudah diberikan tanaman TOGA yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ramuan tradisional. Program pengabdian ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam meningkatkan imunitas di masa pandemi dan mencegah serta mengurangi resiko penularan penyakit Covid-19 di masyarakat.  

Referensi

Tandra, H. (2021). VIRUS CORONA BARU COVID-19: Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri & Orang Lain. Rapha Publishing.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan, 2020

Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Dolang, M. W., Lating, Z., Lapodi, A. R., & Umasugi, M. T. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Pemanfaatan Insenerator Dalam Mengelolah Sampah Anorganik. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(3), 55-59.

Lestari, T., Dewi, I. K., & Fitrianingrum, A. (2018). Pengaruh Pemberian Leaflet Ramuan Tradisional Kesehatan Kulit Wajah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Jurusan Kebidanan Semester Iv Poltekkes Kemenkes Surakarta. Jurnal Kebidanan Indonesia (6).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-03