MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN DIRECT INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4328Kata Kunci:
e-learning, pandemi covid-19, SMKN 13 Surabaya, Direct Instruction, e-learning, pandemi covid-19, Direct InstructionAbstrak
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) bekerja sama dengan BPPAUD & DIKMAS Jawa Timur melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru, melalui pemahaman mengoperasikan e-learning untuk satuan pendidikan tingkat menengah di wilayah Jawa Timur, yaitu SMKN 13 Surabaya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menerapkan model pembelajaran Direct Instruction bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 13 Surabaya selama masa pandemi covid-19. Sasaran kegiatan ini adalah Guru SMKN 13 Surabaya Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dengan subyek sebanyak 10 orang.
Hasil kegiatan ini mengindikasikan bahwa telah terjadi peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan pengoperasian e-learning setelah mengikuti pelatihan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, yaitu sebesar 41,46 poin. Nilai 41,46 ini telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) penguasaan materi e- learning yang telah dicapai oleh guru SMKN 13 Surabaya.
Referensi
Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta. Indeks (jilid 2)
Schunk, Daleh. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumaji dkk. 2003. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius
Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran (edisi ke enam). Jakarta: Indeks
Suyanto & Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Surabaya: Erlangga.
Soeparman, & Nur, M. 2000. Pembelajaran langsung. Pusat sains dan matematika Sekolah Program Pascasarjana Unesa. Jakarta: University Press.
Trimurni, dkk. 2021. Pendampingan Blended Learning Berpusat Pada Kemampuan Literasi Dan Numerasi Bagi Guru SD. Jurnal Aptekmas. Volume 4, Nomor 4., pp. 64 – 71.
Amelia, dkk. 2021. Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Video Pembelajaran Dalam Rangka Persiapan E-Learningbagi Dosen STMIK Widya Cipta Dharma. Jurnal Aptekmas. Volume4, Nomor 4., pp. 132 – 137.
Watanabe, M., McLaughlin, T. F., Weber, K. P., & Shank, L. 2013. The Effects of Using Direct Instruction to Teach Coin Counting and Giving. International Journal of Basic and Applied Science Vol. 02 No. 01 , 150-159.
Aufan, A.-M. A. 2011. The Effect of Direct Instruction Strategy on Math Achievement of. International Education Studies Vol. 4, No. 4 , 199-205.
Pham, Huang. 2011. Theory-Based Instructional Models Applied in Classroom Contexts. Literacy Information and Computer Education Journal (LICEJ). Vol. 2. No. 2. ,406-415.
Huitt, W. G., Monetti, D. M., & Hummel, J. H. 2009. Designing Direct Instruction. Instructional-Design Theories and Models: Volume III, Building A Common Knowledge base , 1-20.
Ahmed, A. 2007. Direct Instruction and Appropriate Invention For Children With Learning Problem. The Turkish Online Journal of Educational Technology Volume 6 Issue 2 Article 3 , 23-25.
Joyce, d. 2009. Models of Teaching. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Kardi dan Nur. 2000. Pembelajaran langsung. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Kousar Rubina. 2010. The effect of Direct Instruction Model on Intermediate Class Achievement and Attitudes Towart English Grammar. Jurnal of Colege Teaching & Learning. Volume 7 Number 2.
Clark, R.C., & Mayer, R.E 2003 E-Learning and the Science of Instruction. Market Street, San Fransisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.