PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SISWA MTS AL-MUDDATSIRIYAH PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3262Kata Kunci:
interactive learning, learning from home, the covid pandemic 19Abstrak
Penyebaran Covid 19 hingga saat ini telah menggeser proses pembelajaran yang seharusnya berlangsung secara tatap muka menjadi pembelajaran online. Belajar dari rumah menjadi salah satu solusi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi ini untuk menghindari semakin meluasnya penyebaran Covid 19. Media pembelajaran interaktif sangat diperlukan dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah khususnya dalam pembelajaran online. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yaitu siswa cenderung bosan dalam belajar dari rumah karena guru belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang seharusnya dibutuhkan dalam pembelajaran online. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan bantuan belajar online kepada siswa dengan memanfaatkan video pembelajaran interaktif pada masa orde baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mendapat respon positif dari mahasiswa, hal ini terlihat dari antusiasnya menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh seluruh pemateri, karena ada pengalaman baru yang didapat. oleh siswa. Selain itu penyampaian materi tidak hanya disamakan secara verbal tetapi juga memanfaatkan media pembelajaran berupa video interaktif sehingga materi yang disajikan lebih menarik bagi siswa.
Referensi
Ambarita, E. (2021). BELAJAR DARI RUMAH (BDR) MENGGUNAKAN PADLET ALTERNATIF E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 56 JAKARTA). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis.
Handayani, S., & Wati, A. P. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Blended learning pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar …. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.
Pujiasih, E. (2020). MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Suciati, S. (2020). PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INISIATIF GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.131
Wiwi Noviati. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.