MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH ADIWERNA KABUPATEN TEGAL

Penulis

  • Hetika Politeknik Harapan Bersama
  • Arief Zul Fauzi Politeknik Harapan Bersama
  • Ririh Sri Harjanti Politeknik Harapan Bersama
  • Dewi Kartika Politeknik Harapan Bersama
  • Akmalus Sidqi Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.3406

Kata Kunci:

Kata kunci : pembelajaran daring, open broadcaster software

Abstrak

Virus Covid-19 yang menyebar di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa pada semua bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 maka pembelajaran selama masa pandemi dihimbau untuk dilakukan secara jarak jauh atau biasa disebut dengan pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring menuntut sekolah untuk beradaptasi, dan selama proses adaptasi sekolah, guru dan siswa mengalami permasalahan karena proses pembelajaran daring/online berbeda dengan pembelajaran tatap muka/offline. Permasalahan pembelajaran daring juga dialami oleh mitra kegiatan yaitu SMK Muhammadiyah Adiwerna. Permasalahan spesifik pada mitra adalah kesulitan pada saat menjelaskan materi pelajaran. Kreatifitas dalam penyampaian materi pembelajaran jarak jauh dapat ditingkatkan dengan melaksanakan program pelatihan terhadap Guru dalam penggunaan teknologi dan informasi. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi  Open Broadcaster Software (OBS). Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama, tim kegiatan berdiskusi dengan mitra terkait dengan permasalahan yang terjadi. Tahap kedua, tim kegiatan menentukan tema kegiatan dan menyusun materi kegiatan. Tahap ketiga, tim kegiatan melakukan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta dalam membuat video tutorial untuk menunjang pembelajaran daring.

Referensi

Suryadi A. DEFINISI PENDIDIKAN JARAK JAUH [Internet]. Edunesiania. 2020. Available from: https://www.google.com/search

Kurniawan H, Susanti E, Arriyani N. Menjadi Guru yang Siap di masa Pandemi Covid-19 , Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan Google Classroom pada Pembelajaran Daring. Publika. 2021;11(1):63–7.

Basar AM. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia J Ilm Pendidik. 2021;2(1):208–18.

Qorib, Ahmad, Zaniyati HS. Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesai Video Pembelajaran Era Pandemi. 2021;12(2):87–98.

Parlindungan DP, Mahardika GP, Yulinar D. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Pros Semin Nas Penelit LPPM UMJ. 2020;8.

Rahayu, P., Jannah, W. J., & Donal, A. (2022). Pelatihan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era New Normal Bagi Guru-Guru SD 020 Rambah Hilir. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 162-167.

Pudjianto, U., Saurina, N., & Retnawati, L. (2022). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN DIRECT INSTRUCTION. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 41-46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03