ANALISIS DAMPAK PENERAPAN TEKNOLOGI BAGI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Kadek Ayu Ariningsih STMIK STIKOM Indonesia
  • I Gusti Ngurah Made Desnanjaya Sistem Komputer, STMIK STIKOM Indonesia
  • Putu Wirayudi Aditama Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia
  • Tantri Pramawati Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3522

Kata Kunci:

Teknologi, Masyarakat, Covid-19

Abstrak

Corona Virus atau Covid-19 masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Virus ini menyebar dengan sangat cepat melalui droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti berjabat tangan, dan menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan. Dari observasi yang dilakukan di masyarakat, masyarakat memerlukan alat cuci tangan dan alat handsanitizer otomatis untuk menghindari kontak langsung terhadap permukaan benda. Teknologi berupa Automatic HandSanitizer Using Ultrasonic Sensor And Arduino sebagai pembersih tangan dari bakteri tanpa menyentuh botol hand sanitizer yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Alat ini diimplementasikan di lingkungan Desa Adat Lodtunduh Gianyar yang diletakkan di salah satu rumah warga yakni rumah  Bapak Wayan Adhe Suwetha.  Teknologi Automatic HandSanitizer ini memungkinkan untuk bekerja tanpa adanya sentuhan atau tekanan pada benda, dimana ini akan mengurangi penyebaran virus-virus dari benda-benda yang sering digunakan untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, khususnya masyarakat di lingkungan desa adat Lodtunduh Gianyar. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dangan data diperoleh melalui observasi dan sampling terhadap populasi mengenai dampak penggunaan teknologi Automatic HandSanitizer.  

Referensi

W. P. Windia, “Desa Adat di Bali Sesudah Berlakunya Undang-Undang Tentang Desa,” J. Huk. Dan Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2017.

I. B. G. Paramita and I. G. G. P. A. Putra, “NEW NORMAL BAGI PARIWISATA BALI DI MASA PANDEMI COVID 19,” Pariwisata Budaya J. Ilm. Pariwisata Agama dan Budaya, vol. 5, no. 2, 2020.

O. J. Sumampouw, “Pelaksanaan Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 Oleh Masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara,” J. Public Health (Bangkok)., vol. 1, no. March, pp. 33–39, 2020.

B. Harjito, F. R. Wahyunintyai, U. S. Maret, and U. S. Maret, “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM MENCEGAH WABAH COVID-19, DESA BANDUNGREJO KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK,” Aptekmas, vol. 4, no. 2, pp. 18–24, 2021.

K. Kesehatan, “Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19),” Kementrian Kesehat., vol. 5, p. 178, 2020.

R. N. Putri, “Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, pp. 705–709, 2020.

L. P. Sugiari, “Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Bali Bertahan Tinggi,” 2020. .

I. Dwina, “Melemahnya Ekonomi Indonesia Akibat Covid-19,” Socarxiv Pap., pp. 1–5, 2020.

I. G. N. B. Rai Utama, “ANALISIS SIKLUS HIDUP DESTINASI PARIWISATA BALI : KAJIAN I Gusti Bagus Rai Utama,” 2015.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar BPS-Statistics of Gianyar Regency, Kecamatan Ubud dalam Angka Ubud Subdistrict in Figures. Gianyar, 2017.

H. W. Setyo and M. P. Sukmasari, “Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat,” J. Anal. Sosiol., vol. 3, no. 1, pp. 13–24, 2014.

E. D. Purnamasari, L. D. Anggraini, P. S. Manajemen, F. Ekonomi, U. Indo, and G. Mandiri, “PELATIHAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA ADMINISTRASI PERKANTORAN,” Aptekmas, vol. 4, no. 2, pp. 59–62, 2021.

N. L. Husni et al., “Pengenalan Kendali Robot Sampah Berbasis iPAD dI SMPIT Harapan Mulia Palembang,” Aptekmas, vol. 3, pp. 45–54, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-06