UPAYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI DESA SILAU DUNIA DALAM RANGKA KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Penulis

  • Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Rodiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hanifah Dinda Difanie Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Halimatussya'diyah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masdelina Sipahutar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Merliyana Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4813

Kata Kunci:

Pelayanan kesehatan, Pelayanan masyarakat, Desa Silau Dunia

Abstrak

Masalah kesehatan dapat disebabkan oleh munculnya penyakit dalam tubuh manusia sebagai akibat dari kebiasaan hidup sehari-hari yang buruk atau dapat juga disebabkan oleh penyakit keturunan (Gen). Salah satu jenis penyakit yang umum di derita masyarakat Indonesia yakni tekanan darah tinggi dan diabetes. Kurangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan masyarakat yang tinggal di pedesaan menjadi salah satu faktor penyebab tingginya jumlah penderita kedua jenis penyakit tersebut setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan masyarakat terkait penyakit hipertensi dan diabetes serta pelayanan kesehatan gratis dari pemeriksaan kedua penyakit tersebut. Metode yang digunakan berupa metode ceramah yang dilanjutkan dengan kegiatan langsung berupa pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan ini didapatkan bahwa masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan ini dan senang dengan pelayanan yang diberikan serta diharapkan masyarakat di Desa Silau Dunia dapat meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan melalui kegiatan yang telah dilakukan.

Referensi

[ ] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Undang-Undang RI tentang kesehatan (2009). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Retrieved from

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/UU_36_2009_Kesehatan.pdf

[ ] Wowor, H., Liando, Daud M., Rares, J. 2016. Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolahan Sumberdaya Pembangunan, 3 (11), 103-122.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/12443

[ ] Hapsari, D., Sari, P., & Pradono, J. 2009. Pengaruh Lingkungan Sehat dan Perilaku Hidup Sehat Terhadap Status Kesehatan. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Ekologi Dan Status Kesehatan Jakarta, Edisi Suplement 37 (-) 40-49.

https://ejournal.litbang.kemkes.go.d/index.php/BPK/issue/archive

[ ] Pemerintah Kabupaten Simalungun. 2022. [internet]. [cited 2022 Jun 05]. Available from

https://www.simalungunkab.go.id

[ ] Aris, Sugiarto. 2009. Faktor-faktor Resiko Hipertensi Grade II pada Masyarakat (Studi Kasus di Kabupaten Karanganyar) [internet]. [cited 2022 Jun 05]. p:29-50, 20-129. Availabe from

https://eprints.undip.ac.id/

[ ] Lewa PR. 2010. Faktor-Faktor Resiko Hipertensi Sistolik Terisolasi pada Lanjut Usia di Yogyakarta. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat, 26 (44), 171-178.

https://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view/3456

[ ] Priadi PA. 2016. Pengaruh Senam Jantung Sehat Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi di PSTW Budi Mulia 03 Margaguna Jakarta Selatan. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/27

[ ] Sammeng, Wahyuni & Lestaluhu, V. 2021. Status Gizi, Tekanan Darah dan Kadar Glukosa Darah Pada Peserta Majelis Taklim di Kota Ambon. Gorontalo Journal Of Nutrition Dietetic. 1 (2), 82-88.

https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjnd/article/view/1750

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03