E-POSYANDU : SISTEM PENGARSIPAN POSYANDU GUNA EFISIENSI PENDATAAN KESEHATAN PASIEN POSYANDU

Penulis

  • Ahmad Wali Satria Bahari Johan Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Rizky Fenaldo Maulana Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Kharisma Monika Dian Pertiwi Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4763

Kata Kunci:

data, posyandu, website

Abstrak

Posyandu Dinoyo merupakan salah satu posyandu yang berada di Kota Malang Jawa Timur. Hingga saat ini Posyandu Dinoyo masih aktif dalam melakukan kegiatan posyandu. Namun dalam melaksanakan kegiatan tersebut, kader posyandu dinoyo merasa kesulitan. Kader posyandu melakukan pendataan Kesehatan masyarakat pada kartu Kesehatan. Kader posyandu diharuskan menyimpan kartu-kartu tersebut. Kader posyandu kesulitan Ketika harus mencari dokumen Kesehatan seorang warga. Kader posyandu juga khawatir jika kartu tersebut hilang atau rusak. Kader posyandu juga harus memberikan hasil pendataan kepada petugas puskesmas setiap bulan. Oleh karena itu tim pengabdian masyarakat IT Telkom Surabaya membuat sistem yang mampu memudahkan kader posyandu dalam melaksanakan tugasnya. Tim kami membuat sistem yang dapat mendata masyarakat dan kesehatannya. Selain itu data dapat di ekspor dalam bentuk PDF dan excel untuk pelaporan setiap bulannya. Setelah sistem tersebut selesai, kader Posyandu dapat dengan mudah menyimpan setiap data hasil pemeriksaan kedalam sistem tanpa perlu menyiapkan form untuk menyimpan data pemeriksaan. Kader Posyandu dapat dengan mudah mengontrol data-data kesehatan dan dengan mudah mengakses atau mencari data pasien yang diinginkan. Dimana sebelumnya mereka harus mencari di tumpukan dokumen yang jumlahnya cukup banyak. Pelaporan hasil pemeriksaan dapat dengan mudah dibuat dikarenakan didalam sistem telah disediakan tools untuk mencetak laporan yang siap diserahkan kepada pihak Puskesmas.

Referensi

Kemenkes RI, Pedoman posyandu. 2016.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, “Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Revitalisasi Pos Pelayanan Terpadu,” no. 68, 2021.

A. Setiyawan and R. Mardhianti, “Kinerja Kader Posyandu Sebagai Faktor Pendukung Terbentuknya Tingkat Kemandirian Posyandu,” J. Ilm. Kesehat., vol. 2, no. 3, 2013, doi: 10.35952/jik.v2i3.70.

D. Punikasari, Peran Posyandu Dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Di Dusun Karangwatu, Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. 2010.

M. Mardjan, I. Saleh, and D. L. Kusumawati, “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ambawang,” J. Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, vol. 6, no. 3, p. 102, 2019, doi: 10.29406/jkmk.v6i3.1773.

H. Istikhomah, Sumantri, and L. D. Utami, “Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Di Desa Ngering Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten,” J. Kebidanan Indones., vol. 6, no. 1, pp. 7–15, 2014.

R. Ridwan, N. Kustian, S. Julaeha, and T. Informatika, “Media Cloud Storage Pada Posyandu Asoka Ii Jati Ranggon,” vol. 4, pp. 40–45, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03