PERANCANGAN BERBASIS CAD-CAE PADA PROPELLER TIGA DAUN UNTUK PERAHU KECIL

Main Article Content

Abdillah Rais Zefiansyah Abdillah
Irawan Malik
Sairul Effendi

Abstract

Baling-baling merupakan salah satu bagian dari kapal penangkap ikan yang memiliki fungsi untuk menggerakkan kapal. Efisiensi baling-baling laut memiliki efek langsung pada penggerak mesin utama kapal penangkap ikan. Dalam keadaan tertentu, baling-baling kapal dirancang untuk mengkonsumsi daya sesedikit mungkin dan untuk menjamin penanganan kapal yang efisien. Proposal ini menyajikan metodologi dan implementasi digital program CAD-CAE: HydroComp, OpenProp dan Solidworks dengan model baling-baling tiga bilah yang berbeda untuk menghasilkan model yang dapat dibentuk menggunakan teknologi pencetakan 3D. Tujuan utama dari tes ini adalah untuk membuat cetakan HydroComp-OpenProp-Solidworks-3D. yaitu perangkat lunak yang akan digunakan untuk merancang baling-baling tiga sudu dengan efisiensi optimum, berdasarkan analisis simulasi CFD diperoleh kecepatan tekanan dinamis minimum sebesar 0,00927698331 Pa. dan kecepatan maksimum 11671 0837 Pa. Kecepatan aksial minimum -1,37684104 MS. dan Kecepatan aksial maksimum -1.1875152 m/s. Tekanan minimum adalah 94763.7095 Pa dan tekanan maksimum adalah 109412.102 Pa. Intensitas turbulensi menghasilkan intensitas turbulensi minimum sebesar 0,1236011%. dan intensitas turbulensi maksimum 1000%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdillah, A. R. Z., Malik, I. ., & Effendi, S. (2022). PERANCANGAN BERBASIS CAD-CAE PADA PROPELLER TIGA DAUN UNTUK PERAHU KECIL. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.6413283
Section
Articles

References

AfizahI,. 2017. Optimization Of Process Parameter For Digital Light Processing (Dlp) 3dPrinting. Faculty of Mechanical Engineering. Malaysia. ISBN: 978-93-86291-88-2.

D. Seprianto,. 2019. Influence of Internal Fill Pattern,Polishing Time and Z-Axis Orientation on the Tensile Strength of the 3DPrinted Part. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). ISSN: 2277-3878. Volume-7.

Ferry H, 2018, “Analisa aliran air pad a controllable pitch propeller (CPP) Kapal Offshore Patroli Vessel 80 (OPV80)

Hilman A,. 2017.“Analisa kelelahan PropellerKapal ikan PVC dengan metode Elemen”.Jurnal Teknik perkapalan, Vol 5 No.1 2017. Teknik Perkapalan Univesitas Diponegoro.

Suraj N dan Djauhar M, 2013, “Permodelan 3D Kontruksi Kapal Menggunakan Perangkat Lunak (Solidworks) studi kasus -Grand Block 09 M.T. Kamojang”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Most read articles by the same author(s)