PENGARUH PARAMETER PEMBUATAN OBJEK DARI BAHAN TIMAH(SN) METODE GRAVITY CASTING DENGAN CETAKAN SILICONE TERHADAP NILAI KEKERASAN

Main Article Content

YOGI RUANTO
DICKY SEPRIANTO
DWI ARNOLDI

Abstract

Pada pengerajin timah pada umumnya masih menggunakan cara yang kurang efektif dalam proses pengecoran yaitu penggunaan jenis model yang terbuat dari logam yang menyulitkan dalam pembentukan variasi model, dan juga para pengrajin pun dalam pembuatan cetakan masih mengunakan cetakan pasir,logam,. Untuk menciptakan produk yang berkualitas dengan pengecoran menggunakan metode grafity casting maka dalam hal ini model akan dicetak menggunakan alat DLP 3D printer dengan bahan resin. Sehingga dapat menciptakan variasi model yang lebih detail lalu cetakan menggunakan silikon untuk membuat cetakan sehingga menciptakan cetakan yang mudah dibentuk terhadap variasi model yang detail. Faktor-faktor yang diselidiki adalah tekanan vakum cetakan dan media pendingin dengan respon kekerasan  dari spesimen uji. Pada proses pengujian menggunakan alat uji kekerasan ALBERT GNHEM HORGEN dan Profil Proyektor PJ-A3000 Mitutoyo. Data hasil tes dianalisis menggunakan metode ANOVA dengan desain level faktorial tipe 2, desain 2 interaksi faktorial (2FI), dan replikasi 3 dimodelkan oleh perangkat lunak Design-Expert (Trial).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RUANTO, Y., SEPRIANTO, D., & ARNOLDI, D. (2020). PENGARUH PARAMETER PEMBUATAN OBJEK DARI BAHAN TIMAH(SN) METODE GRAVITY CASTING DENGAN CETAKAN SILICONE TERHADAP NILAI KEKERASAN. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.5281/zenodo.4540888
Section
Articles
Author Biographies

YOGI RUANTO

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TEKNIK MESIN PRODUKSI DAN PERAWATAN

DICKY SEPRIANTO

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

DWI ARNOLDI

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

References

Seprianto. Dicky, Iskandar, Wilza. Romi, Adesta. YET, 2019, “Influence of InternalFill Pattern, Polishing Time and Z-Axis Orientation on the Tensile Strength of the 3D Printed Part”, International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Volume 7.

Seprianto. Dicky, Wilza. Romi, Iskandar, 2017, “Optimasi Parameter Pada Proses Pembuatan Objek 3D Printing Dengan Teknologi FDM Terhadap Akurasi Geometri”,Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada.

Komala Dewi 2009.” Pengaruh Perlakuan Panas dan Media Pendingin pada Paduan Perunggu 80%Cu- 20%Sn Terhadap Umur Lelah”. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Udayana Bandung.

Jafar, Ibnu Afana 2019.” Rancang Bangun dan Pembuatan Alat Vacuum Chamber Untuk Proses Pembutan Mold Silicone Rubber RTV 683”. Skripsi/Tugas Akhir Gelar Sarjana Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.
Dicky Pratama Putra 2019. “Pengaruh parameter proses pembuatan objek dengan teknologi Rapid Prototyping Digital Light Procesing terhadap tegangan bending.” Program Study D.IV Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Muh Anhar,Betti Ses Eka 2019.” Pengaruh Variasi Media Pendingin Terhadap Nilai Kekerasan Paduan Gear Sprocket AISI 1020 Dengan Timah Melalui Heat Treatment”. Jurnal Simetrik Vol.10, No.1,Juni 2020.
Dhimas Iika Wahyu Wibowo 2016.” Pengaruh Variasi Media Quenching Terhadap Nilai Kekerasan dan Struktur Mikro Remelting Almunium Paduan Berbasis Limbah Piston”. Skripsi/Tugas Akhir Program Studi Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang.

Amit Jyoti Banerjee, Gopal Prasad Sinha, 2007, Advanced Manufacturing Technologies.

Badan Standarisasi Nasional (BSN).Cara Uji Kekerasan Brinell, SNI 19-0405-1989.
Wikipedia. 2018. Pengecoran Logam, https://id.wikipedia.org/wiki/Pengecoran (Diakses 5 Januari 2020).
Smooth-On. 2020. https://www.smooth-on.com/products/mold-max-60/ (Diakses 5 Janiari 2020).

Most read articles by the same author(s)