ANALISIS VIBRASI FRAME MESIN CNC PLASMA CUTTING SECARA EKSPERIMEN

Main Article Content

Agung Irawan
Irawan Malik
Mardiana .

Abstract

erdasarkan dari terjadinya vibrasi pada mesin CNC plasma cutting, perlunya dilakukan pengecekan dan pengukuran untuk mengetahui besaran dari parameter vibrasi yang menyebabkan terganggunya hasil dari proses permesinan, yang salah satunya bisa melakukan pengukuran vibrasi. Pengukuran vibrasi adalah salah satu pengukuran yang sangat umum dalam pemantauan pada proses permesinan. Analisa yang dilakukan pada pengujian ini berupa pengambilan data dari hasil vibrasi. Pengukuran nilai vibrasi yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mathlab dan diolah menggunakan metode Fast Fourrier Transform (FFT), menunjukkan bahwa Frame CNC Plasma Cutting ini memiliki nilai amplitudo tertinggi 0.0332 mm/s dan nilai amplitudo terendah 0.0128 mm/s pada Frame X serta memiliki nilai amplitudo tertinggi 0.0363 mm/s dan nilai amplitudo terendah 0.0124 mm/s pada Frame Z.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Irawan, A., Malik, I., & ., M. (2021). ANALISIS VIBRASI FRAME MESIN CNC PLASMA CUTTING SECARA EKSPERIMEN. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 2(3), 147–151. https://doi.org/10.5281/zenodo.6383878
Section
Articles

References

Nursoleh, F. A. 2019. Analisis Vibrasi Frame CNC Router 3 Sumbu Secara Eksperimen. Skripsi Tidak Diterbitkan. Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya

Holman, Jack P. 1997. Perpindahan Kalor (Edisi Keenam). Jakarta. Penerbit Erlangga

Gozali, M. 2016. Analisis Putaran Spindle, Kecepatan Pemakanan dan Kedalaman Pemakanan Terhadap Vibrasi Benda Kerja Proses Milling CNC. Skripsi tidak Diterbitkan. Teknik Mesin Universitas Jember.

Muas, M. 2008. Pengaruh Vibrasi Permesinan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Mesin VMS-200. Jurnal SINERGI Nomor 1, Tahun 6. Fakultas Teknik Mesin Universitas Ujung Pandang.

Sugondo, A. et al. 2008. Studi Pengaruh Kedalaman Pemakanan Terhadap Vibrasi dengan Menggunakan Mesin Bubut Chien Yeh CY 800 Gf. Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industry. Kampus ITENAS- Bandung.

Susilo, D. 2009. Pemantauan Kondisi Mesin Berdasarkan Sinyal VibrasI, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Solo.

Puspitasari, D., et al. 2016. Analisis Vibrasi Struktur Mekanik pada Mesin Berputar untuk Memprediksi Kerusakan Akibat Kondisi Unbalance Sistem Poros Rotor. Seminar Nasional Maritim, Sains dan Teknologi Terapan 2016. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Rochim, N. F. M. Pengaruh Cutting Fluids dan Cutting Speeds Terhadap Vibrasi Mesin CNC Milling. Jurnal Majalah Ilmiah Mekanika Volume 16 Nomor 2. Fakultas Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret.

Mulyadi, S. 2012. Pengaruh Kecepatan Gerak Potong, Gerak Makan dan Ketebalan Pemotongan Terhadap Vibrasi Benda Kerja Pada Proses Sekrap. Jurnal ROTOR. Volume 5 Nomor 1.