DESAIN DAN RANCANG BANGUN ALAT BANTU PRESS TOOL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UKM METAL FURNITURE

Main Article Content

Muchtar Ginting
Dicky Seprianto
Romi Wilza

Abstract

Metal Furniture adalah salah satu sarana yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang yang banyak digunakan di rumah tangga, perkantoran maupun di rumah sakit. Bahan alat ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu pipa kotak sebagai rangka, plat besi sebagai tutup/dinding dan asesories. Proses pengerjaan plat ini  masih dilakukan secara konvensional dalam tiga tahap, tahap pertama penggoresan, tahap kedua pemotongan sudut dengan gunting tangan dan tahap ketiga pembendingan sehingga ukuran panjang, lebar dan tinggi sebagai variabel  kurang presisi, tidak seragam dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Sehuburngan dengan hal di atas maka penulis telah mengadakan penelitian tahun pertama untuk membuat Desain dan Rancang Bangun Prototipe Press Tool  untuk menyederhanakan proses pengerjaan metal furniture menjadi dua tahap, tahap pertama pemotongan sudut plat dan kedua pembendingan. Hasil produk dari Press Tool ini relatif lebih cepat tetapi  ada penyimpangan ukuran yang seragam, ini disebabkan adanya pergeseran peletakan plat pada tahap pertama dan kedua. Untuk menyempurnakan proses produksi komponen metal furniture  tersebut maka pada tahun kedua ini penulis mencoba memperbaiki Prototipe Press Tool yang sudah ada sehingga proses pengerjaan menjadi setahap saja. Dari hasil pengujian  10 perlakuan dan setiap perlakuan diamati 3 kali terhadap variabel panjang, lebar dan tinggi dimana prosentase penyimpangannya relatif kecil yaitu 0,36 %, 0,48% dan 1,75 %  artinya lebih presisi dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ginting, M., Seprianto, D., & Wilza, R. (2017). DESAIN DAN RANCANG BANGUN ALAT BANTU PRESS TOOL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UKM METAL FURNITURE. AUSTENIT, 9(1). Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/austenit/article/view/863
Section
Articles
Author Biographies

Muchtar Ginting, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Dicky Seprianto, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Romi Wilza, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1. Budiarto SST. 2001. “Press Tool 1-3”, Politeknik Manufaktur, Bandung
2. Brosur, 2009.”SHIMA Hospital Rehabilitation”, Product
3. Cohen L.1995.”Quality Function Deployment”, How to Make QFD Works for You, AddisonWesley-Publishing, Company, Massachusets.
4. Fibro, All-Steel Die Sets, Cast Iron Die Sets, Die Set Accessories,Fibro Tool, Making Accessories, Pt.Aquarius, Bintang Agung, Jakarta.
5. Frank J. Riley. 1996. “Assembly Automation”, A Management Handbook, Industrial . Press Inc. Second, Edition, New York.
6. http:/www.Autoindustry.co.uk./features/qcd/ (07-04-2010)
7. John R Walker,1993. “Machining Funda-menta”l, South Holland, Illinois The Goodheart-Wilcox Company Inc. Publishers.
8. Muchtar Ginting, Fatahul Arifin. 2010. “Modul Perancangan Alat Penepat dan Press Tool”, Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.
9. Sudjana, 1986. “Metoda Statistika”, Edisi ke IV, Penerbit Tarsito Bandung,
10. Ulrich Fisher CS, “Mechanical and Metal”, Trades Handbook, 2nd English Edition ISBN 13-978-3-8085-1913-4, Verlag Europa Lehrmittel Nourney, Vollmer GmbH & Co.KG, Dusselberger Straβe 23-42781 Haan Gruiten, Germany.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>