ANALISIS PENGARUH VARIASI SUDUT POTONG PADA PROSES PEMBUBUTAN AKHIR MATERIAL BAJA

Authors

  • Karmin Karmin Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Dalom Dalom Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4547545

Keywords:

Sudut potong, kekasaran

Abstract

Pembubutan adalah salah satu proses permesinan yang digunakan untuk membentuk produk dengan mebuang bagian yang tidak diperlukan dengan cara menyayat dengan pahat yang runcing/tajam. Didalam kegiatan manufaktur proses pembubutan, terkadang dibutuhkan kriteria tertentu yang menyangkut kwalitas permukaan/kekasarn permukaan. Untuk memperoleh kekasaran tertentu dapat dilakukan dengan cara merubah posisi pahat melalui eretan atas pada mesin bubut atau mengubah geometri pahat bubut. Bila melakukan perubahan posisi pahat pada eretan atas tentu ini akan menyita waktu untuk menyeting posisi yang tepat sehingga akan mengurangi efektifitas kerja. Dengan menyiapkan geometri/ sudut potong pahat bubut yang tepat operator mesin bubut tidak perlu lagi mengatur posisi pahat bubut melaui eretan atas sehingga operator dapat menggunakan waktu yang efektif untuk bekerja. Material yang dapat dibubut sangat bervariasi jenisnya, demikian pula jenis material pahat  bubut mempunyai banyak pilihan yang disediakan dipasaran. Pada penelitian ini material yang dijadikan objek penelitian ini adalah baja (St-37, St-42 dan St-60) dibubut menggunakan  jenis pahat HSS. Sesuai dengan hasil pengujian kekasaran terhadap hasil pembubutan dengan variasi sudut potong pada pahat diperoleh hasil yang paling baik adalah : untuk material St-37 dengan sudut potong samping 10o, sudut potong akhir 12o (1,55 µm), untuk material St-42 dengan sudut potong samping 10o, sudut potong akhir 14o (1,48 µm)   dan material St-60 dengan sudut potong samping 10o, sudut potong akhir 12o  (1,59 µm)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karmin Karmin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Dalom Dalom, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1. E. Paul DeGarmo,J T.Black, 2003, Materials and Processes in Manufacturing, Ninth edition, John Wiley & Sons, inc.
2. Mikell P. Groover, 2008 “Fundamentals of Modern Manufacturing”, Third Edition John Wiley & Sons, Inc.
3. Sriati Djaprie ME,M.Met,1998, Teknologi Mekanik Jilid 1 Edisi 7 Versi, Penerbit Erlangga.
4. P.N. Rao, 2000, “Manufacturing Technology Metal Cutting And Machine Tool, MC Graw-Hill, International Edition, Singapure.
5. ………, Surface Roughness Tester, User’s Manual SJ-201P, Mitutoyo No.99MBB079A4 SERIES No.178

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

Karmin, K., & Dalom, D. (2015). ANALISIS PENGARUH VARIASI SUDUT POTONG PADA PROSES PEMBUBUTAN AKHIR MATERIAL BAJA. AUSTENIT, 7(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4547545

Most read articles by the same author(s)