PENGARUH PENDINGINAN METODE DOUBLE QUENCHING TERHADAP KEKERASAN PELAT BAJA KARBON RENDAH HASIL PACK CARBURIZING

Main Article Content

Firdaus Firdaus
Almadora Anwar Sani
Muhamad Solehan

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proses pendinginan dengan metode double quenching terhadap nilai kekerasan plat baja karbon rendah hasil pack carburizing dengan variasi waktu tahanan dan media karburasi arang tempurung kelapa. Proses karburasi adalah proses pengerasan permukaan pada logam untuk mendapatkan sifat keras pada permukaan dan sifat ulet pada bagian tengah logam. Pada penelitian ini, proses pack carburizing dilakukan pada temperatur 9000 C dengan 3 variasi waktu tahanan yang berbeda yaitu 1,5 jam, 2 jam dan 2,5 jam, dimana satu waktu tahanan menggunakan 3 spesimen uji. Komposisi media karburasi menggunakan 100% serbuk arang tempurung kelapa. Proses quenching pertama menggunakan air kemudian spesimen uji dipanaskan kembali diluar kotak karburasi pada temperatur 8000 C selama 1 jam dengan oli sebagai media quenching kedua. Dari hasil pengujian kekerasan diperoleh nilai kekerasan rata-rata spesimen uji dengan watu tahanan 1,5 jam sebesar 92,5 HRB, waktu tahanan 2 jam sebesar 95,8 HRB dan waktu tahanan 2,5 jam sebesar 92,9 HRB. Sedangkan hasil pengujian struktur mikro pada permukaan spesimen uji sebelum pack carburizing terlihat fasa ferit dengan sedikit fasa perlit dan pada permukaan spesimen uji setelah pack carburizing terdapat fasa ferit ang semakin sedikit dengan fasa perlit yang semakin banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firdaus, F., Sani, A. A., & Solehan, M. (2018). PENGARUH PENDINGINAN METODE DOUBLE QUENCHING TERHADAP KEKERASAN PELAT BAJA KARBON RENDAH HASIL PACK CARBURIZING. AUSTENIT, 10(2), 84–87. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547667
Section
Articles
Author Biographies

Firdaus Firdaus, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Almadora Anwar Sani, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Muhamad Solehan, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

References

1. Anggoro, DianYezhi, Samsudi Raharjo, Solechan, 013.”Pengaruh Pack Carburizing dengan Arang Batok Kelapa Terhadap Kekerasan Roda Gigi Fly Wheel Daihatsu”. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah, Semarang.

2. Bambang K,2010 Perlakuan pack carburizing pada baja karbon rendah sebagai material altrenatif untuk pisau potong pada penerapan teknologi tepat guna. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

3. Budinski, K.G., and Budinski, M.K., 1999, Engineering Materials, 6th Edition, Prentice – Hall Inc., New Jersey.

4. Djaprie, S., 1983, Ilmu Dan Teknologi Bahan, Erlangga, Jakarta.

5. Eko,J.A., 2006, Pengaruh Media Karburasi dan Bahan Kimia Aktif Terhadap Kekerasan Cangkul, Skripsi S1 Teknik Mesin FT, UNS, Surakarta.

6. Karl - Erik Thelning, Steel and its Heat Treatment . , Bofors Handbook, London, Cetakan VI, 1998.

7. Murtiono, Arief, 2 september 2012. Pengaruh quenching dan tempering terhadap kekerasan dan kekuatan tarik serta struktur mikro baja karbon sedang untuk mata pisau pemanen sawit, (online).

8. Suherman,W, Prinsip-prinsip Perlakuan Panas, ITS, Surabaya,1997.

9. Viktor Malau dan Khasani, Karakterisasi Laju Keausan dan Kekerasan dari Pack Carburizing Pada Baja Karbon AISI 1020, Media Teknik No 3 tahun XXX ISSN 01216-3012, 2008.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>