PEMODELAN DAN ANALISIS KINEMATIKA MEKANISME ENGKOL PELUNCUR BERBASIS KOMPUTER

Main Article Content

Irawan Malik

Abstract

Beberapa alat bantu perangkat lunak yang tersedia dipasaran dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan tugas-tugas desain dan analisis yang berhubungan dengan mekanisme dan sistem-sistem dinamis lainnya. Tulisan ini membahas analisis kinematika dari mekanisme engkol-peluncur (poros engkol/slider-crank) melalui komparasi dari beberapa tool yang tersedia pada beberapa perangkat lunak yaitu Mathematica® 6, SolidWorks® 2010 dan Slider Student Edition® 2003 dengan cara
membuat model kinematis dari mekanisme tersebut serta mensimulasikannya. Dari studi ini diharapkan akan didapat optimisasi desain sistem mekanisme yang umum dijumpai di teknik mesin misalnya engkol-peluncur disamping untuk menunjukkan simulasi berbasis media digital yang dapat dimanfaatkan untuk mengomunikasikan hasil-hasilnya. Simulasi tersebut menciptakan konsep laboratorium virtual sebagai sebuah tool untuk mengajarkan pemahaman kinematika (dan juga kinetika) dari suatu mekanisme permesinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Malik, I. (2010). PEMODELAN DAN ANALISIS KINEMATIKA MEKANISME ENGKOL PELUNCUR BERBASIS KOMPUTER. AUSTENIT, 2(01). Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/austenit/article/view/108
Section
Articles

References

Anvoner, S. 1974. Solution of Problems in Mechanics of Machine, Vol. 3. London: Pitman Publishing.

Klein Breteler, A. J. 1987. Kinematic Optimization of Mechanisms, a Finite Element Approach. Thesis TU Delft.

Irawan, Malik. 2010. Modul Bahan Ajar Mata Kuliah Kinematika dan Dinamika. PolSri: Program Studi Teknik Mesin.
Norton, L. R. 2004. Dynamic of Machinery 2rd Edition, NewYork: McGraw-Hill Inc.

Vinogradov,O. MechanismDesign. http://www.enme.ucalgary.ca/ courses/ enme473. di download Juni 2006.



W. P. Boyle dan Liu, K. 1997. Dimensional Optimization for the Crank-Rocker Mechanism using TK Solver. Int. Jour. Appl. Engng. Ed., 6, pp. 417-425, Great Britain.

Wolfram, S. 1991. Mathematica: A System For Doing Mathematics by Computer. Second Edition. California: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.