PENGARUH PENAMBAHAN KAWAT JARING BAJA (EXPANDED STEEL) TERHADAP SIFAT MEKANIS PADA BALING-BALING PERAHU MOTOR BERBAHAN ALUMINIUM

Main Article Content

Ahmad Junaidi
Suparjo Suparjo
Muhammad Maulana Ishaq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanis pada aluminium paduan yang dicetak dengan menggunakan cetakan pasir. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah aluminium paduan yang berasal dari daur ulang aluminium bekas spartpart kendaraan bermotor yang dilebur di dalam tungku baselen dan dicetak didalam cetakan pasir. Alat yang digunakan dalam uji tarik adalah Hung Ta Type HT 9502, alat yang digunakan dalam uji impak adalah Impact Tester 450, sedangkan alat yang digunakan untuk uji komposisi adalah Niton XL2 XRF Analyzer. Adapun cara pengujian ini adalah, pada pengujian tarik menggunakan standar ASTM E8, pengujian ini dilakukan dengan cara menarik spesimen sampai putus yang hasilnya dapat dilihat pada komputer, dan pengujian impak menggunakan ASTM E23, pengujian ini dilakukan dengan cara meukulkan bandul ke spesimen uji hingga patah, dan hasilnya bisa dilihat pada indikator pencatat hasil. Dari hasil pengujian pada aluminium paduan dengan cetakan pasir diperoleh nilai tegangan tarik maksimal pada spesimen yang tidak diperkuat kawat jaring baja (Expanded Steel) yaitu 138,23 N/mm2, pada spesimen yang diperkuat kawat jaring baja (Expanded Steel) yaitu 140,03 N/mm2. Pada pengujian impak, nilai ketangguhan rata-rata pada spesimen yang tidak diperkuat kawat jaring baja (Expanded Steel) yaitu 0,0156 J/mm2, sedangkan nilai ketangguhan rata-rata pada spesimen yang diperkuat kawat jaring baja (Expanded Steel) yaitu 0,0179 J/mm2. Komposisi kimia pada aluminium paduan dengan cetakan pasir didapat kandungan unsur-unsur utama yaitu Al = 97,63 %, Mn = 0,16 %, Fe = 0,89 %, Ni = 0,06 %, Cu = 0,66 %, Zn = 0,57 %, Pb = 0,03 %. Komposisi kimia pada kawat jaring baja adalah Fe = 98,80 %, dan Mn = 1,20 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Junaidi, A., Suparjo, S., & Ishaq, M. M. (2020). PENGARUH PENAMBAHAN KAWAT JARING BAJA (EXPANDED STEEL) TERHADAP SIFAT MEKANIS PADA BALING-BALING PERAHU MOTOR BERBAHAN ALUMINIUM. AUSTENIT, 11(2), 41–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547805
Section
Articles
Author Biographies

Ahmad Junaidi, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

Suparjo Suparjo, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

Muhammad Maulana Ishaq, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin

References

1. Aziz Nur Eva dkk., 2012. Analisis Sifat Fisis dan Mekanis Aluminium Paduan Al-SI-Cu dengan Menggunakan Cetakan Pasir, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
2. Hidayat,T. Slamet., 2010. Pengaruh Model Saluran Tuang Pada Cetakan Pasir Terhadap Hasil Cetakan, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UMK-Kudus.
3. Ismail, Fajar., 2012. Rancang Bangun Alat Uji Impak Charpy, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.
4. Molidan Gingga dkk., Perilaku Lentur Dinding Panel Jaring Kawat Baja Tiga Dimensi Dengan Variasi Rasio Tinggi Dan Lebar (Hw/Lw) Terhadap Beban Lateral Statik, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.
5. Rafe’i, Ahmad. 2011. Material Teknik Uji Tarik, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
6. Sastranegara, Azhari. 2015. Pengujian Tarik, Jurusan Tekni Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.
7. Setiawan, Hera., 2014. pengujian kekerasan dan komposisi kimia produk cor propeler alumunium, Jurusan Teknik
8. Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.
9. Siproni dkk., 2018. Pengaruh Proses Pengecoran Terhadap Sifat-Sifat Mekanis Pada Baling-Baling Perahu Motor, Jurnal Austenit Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.
10. Suhardi., 1987. Ilmu Bahan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
11. Suharto.,1995. Teori Bahan dan Pengaturan Teknik Jakarta: Rineka Cipta.
12. Surdia, T. dan Cijiwa K, 2000. Teknik pengecoran logam. Jakarta: Pradya Paramita
13. Surdia, T. dan Shinroku, 1992. Pngetahuan Bahan Teknik. Jakarta: PT Pradya.
14. Surya Irawan, Yudy. 2008. Material Teknik.Lecturer in Mechanical Enginering Dept. Brawijaya University.
15. Zainuddin. 2010. Teknik Pembentukan Dasar. Kerjasama Politeknik Negeri Sriwijaya Dengan BP Migas-ConocoPhillip.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>