PELATIHAN OPTIMASI PEMASARAN ONLINE DENGAN MEMANFAATKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA KOMUNITAS PENGUSAHA MUDA
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4584Kata Kunci:
internet, optimasi mesin pencari, pasar onlineAbstrak
Keberadaan pasar maya (online market) sudah menjadi hal umum dan mempunyai pangsa pasar tersendiri. Beberapa faktor yang membuat pengusaha beralih ke pasar maya, antara lain adalah pemasaran yang lebih luas dengan biaya yang lebih murah dan lebih tepat sasaran. Untuk itu diperlukan peningkatan teknik pemasaran online untuk meningkatkan pendapatan pengusaha. Beberapa kendala yang dirasakan oleh kalangan Komunitas Pengusaha Muda (KPM) antara lain, yaitu belum maksimalnya pengetahuan pemasaran produk usaha secara online, terutama teknik optimasi pemasaran online dengan mesin pencari Google, serta belum maksimalnya sarana pelatihan di kalangan KPM. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, diperlukan pelatihan teknik optimasi pemasaran online dengan memanfaatkan mesin pencari Google bagi kalangan KPM, agar para pengusaha muda dapat memanfaatkan dan menerapkannya dalam usaha mereka. Tim panitia pelatihan melakukan rangkaian tahapan pada persiapan pelatihan ini, yaitu dengan pengamatan, kemudian wawancara, serta studi pustaka. Lalu metode, penjelasan teori dan praktikum langsung kepada peserta, diterapkan pada saat pelatihannya. Hasilnya, kalangan KPM dapat mengetahui pengenalan usaha online dan melakukan optimasi usahanya melalui mesin pencari, sehingga membantu mitra dalam mewujudkan visi dan misi KPM itu sendiri. Kalangan KPM juga dapat menghemat biaya pemasaran dan lebih tepat sasaran dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional.
Referensi
S. Sukri dan Z. Zulfikar, “Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO),†JNKTI (Jurnal Nas. Komputasi dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 3, hal. 194–202, 2021, doi: 10.32672/jnkti.v4i3.2973.
A. Pratomo, E. Najwaini, A. Irawan, dan M. Risa, “Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ukm Nida Sasirangan,†J. IMPACT (Implementation Action), vol. 1, no. 1, hal. 35, 2019, doi: 10.31961/impact.v1i1.615.
F. Amin dan E. Nurraharjo, “Optimasi Website Penjualan Buku Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page dan SEO Off Page,†Pros. SENDI_U, no. halaman 1, hal. 301–311, 2019.
H. Artanto dan F. Nurdiyansyah, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, hal. 2–5, 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i1.409.
W. A. Triyanto dan N. Susanti, “Optimasi Meta Tag HTML Untuk Meningkatkan Search Engine Optimization ( SEO ) Pada Website E-Commerce UMKM,†Netw. Secur., vol. 6, no. 4, hal. 1–5, 2017.
A. Arfian, A. Yoerani, A. A. Yana, J. Siregar, dan Syafrianto, “Pelatihan Desain Produk Pemsaran Digital pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikarageman Selama Covid-19,†J. APTEKMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, hal. 31–34, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.
M. S. Sofiyana, L. D. Lestari, M. H. Triamini, A. I. Faizah, dan V. R. Ardiyansyah, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan,†J. APTEKMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 4, hal. 96–100, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.
E. S. Yusmartini, Mardwita, dan I. A. Fahmi, “Pendampingan Pelabelan Dan Pembuatan Website Untuk Pemasaran Produk Hasil Pengolahan Sampah Di Tps-3R Kelurahan Talang Kelapa,†J. APTEKMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 4, hal. 8–13, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.
N. L. G. R. Juliasih, P. Nauli, Nurhasanah, dan A. A. Kiswandono, “Teknik Pemasaran Sabun Cuci Piring Chemlight Berbasis Online Di Desa Fajar Baru Lampung Selatan,†J. APTEKMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 1, hal. 18–23, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cetakan 10. Bandung: Alfabeta, 2018.
M. Nazir, Metode Penelitian, Cetakan 10. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.