SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN PEMBUATAN MASKER KAIN GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MOJODOYONG KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.3784Kata Kunci:
digital marketing, KKN, masker kain, pemberdayaan masyarakat, UMKMAbstrak
Pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis global di seluruh aspek kehidupan salah satunya pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan besar memutuskan untuk melakukan PHK besar-besaran yang mengakibatkan meningkatnya tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu pelaku UMKM di Indonesia juga mengalami penurunan penjualan bahkan terpaksa gulung tikar. Hal tersebut relevan dengan kondisi sebagian masyarakat di Desa Mojodoyong, Kedawung, Sragen. Tidak sedikit dari warga Desa Mojodoyong yang dirumahkan dan kehilangan pekerjaan. UMKM konveksi dan penjahit rumahan pun mengalami penurunan pendapatan dikarenakan sepi pesanan di saat pandemi. Kondisi ini menjadikan suatu keprihatinan dan juga motivasi bagi kami membantu meningkatkan perekonomian warga Desa Mojodoyong. Tim KKN UNS kelompok 338 mengadakan sosialisasi digital marketing serta pelatihan menjahit masker kain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di masa pandemi. Sosialisasi digital marketing dilakukan secara luring yang dihadiri oleh 25 warga pelaku UMKM di Desa Mojodoyong. Sedangkan pelatihan pembuatan masker kain dihadiri sebanyak 10 peserta yang sebagian besar peserta memiliki kemampuan dasar menjahit. Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi digital marketing dan pelatihan membuat masker kain, warga Desa Mojodoyong dapat mengetahui pentingnya pemasaran secara digital serta memiliki kemampuan membuat dan menjual masker kain sehingga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan di masa pandemi
Referensi
Limanseto, H. "UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia". Retrieved from 5 mei 2021 .(https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Santoso, Y. I.. "Menghitung dampak Covid-19 terhadap dunia usaha hingga UMKM."1 April 2020 Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/menghitung-dampak-covid-19-terhadap-dunia-usaha-hingga-umkm?page=all
Kadek Ayu Ariningsih "Analisis dampak penerapan teknologi bagi masyarakat di masa pandemi covid-19 "Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 4, No 3 pp 65-72 2021.
https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3522
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A.. "Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang". ABDIMAS 23 (2), 117-120 . (2019) https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 4 No 2. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v4i2
Trientje Marlein Tamtelahitu, Asnat Juliana Luturmas "Pelatihan Teknik desain logo kemasan, pengemasan dan pemasaran produk di kelompok mama romi", Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 4, No 3 pp 6-13 2021
https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3309
Lety Trisnaliani, Ahmad Zikri, Erlinawati Akil, "sosialisasi pemanfaatan limbah kulit durian sebagai produk briket di wilayah warga rt. 19 kelurahan 1 ilir kecamatan ilir timur ii palembang sumatera selatan" Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1, No 2 pp 18-22 2018. https://doi.org/10.36257/apts.v1i2.1242
Nur Apriliyanti, Septian Emma Dwi Jatmika(2022)" Edukasi Tentang Penggunaan Masker Dan Penngelolaan Sampah Masker Pada Ibu-Ibu Pkk Rt 033, Rw 09 Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta" Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 5, No 1 pp 47-52
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.