UKM PRAMESTI MALIMA ENERGI BANGKIT MENUJU NEW NORMAL

Penulis

  • Alfrid Sentosa Universitas PGRI Palangka Raya
  • Aston Pakpahan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4637

Kata Kunci:

UKM, Marketplace, New Normal

Abstrak

UKM Pramesti Malima Energi (PMEFS) memproduksi sarai abon, dendeng, pentol ikan, dan nugget ikan. PMEFS juga menghadapi dampak dari wabah Virus Corona, terutama penurunan penjualan karena konsumen tidak keluar rumah, turis tidak ada, dan toko-toko tempat mereka meninggalkan produk olahan tutup. UKM tidak memiliki penghasilan pada bulan September dan setengah dari barang tidak terjual pada bulan Desember. Upaya kedua ada bulan Desember adalah mengalami kerugian besar. Akibat penutupan PSBB toko suvenir, barang dagangan yang dijual harus ditarik kembali. UKMK ini memiliki rumah produksi, galeri, dan penjualan online yang berbeda (Facebook, Instagram, WhatsApp Bisnis, dan Shopee). 1) Pemasaran turun drastis selama musim epidemi, mengakibatkan tidak ada pengembalian biaya produksi dan tidak ada untung (rugi). 2) Kepercayaan pasar buruk. Pemasaran adalah solusinya. 1) menyediakan SOP, 2) mengembangkan katalog, 3) membantu pasar online dengan memasang iklan di media sosial, 4) pemasaran dengan beli 2 gratis 1, promosi dan penjualan. Beberapa metode dan tujuan dapat mengembalikan UKM ke kondisi sebelum pandemi. Akun Shoppe yang menunjukkan kenaikan tanda bintang dalam pesanan menunjukkan peningkatan target penjualan. Karena pembeli akan merasa percaya diri membeli produk yang higienis dan aman.

Referensi

R. Irawati and E. B. W. Hardiastuti, “Perancangan Standard Operating Procedure ( SOP ) Proses Pembelian Bahan Baku , Proses Produksi dan Pengemasan pada Industri Jasa Boga ( Studi Kasus pada PT . KSM Catering & Bakery Batam ),” J. Akuntansi, Ekon. dan Manaj. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 186–193, 2016.

H. Supriyatno, “Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: Studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel,” Indones. J. Acad. Librariansh., vol. 3, no. 3, pp. 33–45, 2019, [Online]. Available: https://techno.okezone.com.

S. Barokah, O. A. D. Wulandari, M. T. Sari, and I. F. Yuditama, “Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.31294/jabdimas.v4i1.7085.

T. Atmoko and D. Rianto Rahadi, “Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Pt. Mandiri Agency Pada Masa Pademi Covid-19,” J. Dimens., vol. 10, pp. 213–221, 2021, [Online]. Available: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms.

F. Fauziah, “Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop ‘Shoppe’ Dalam Meningkatkan Penjualan,” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 45–53, 2020, doi: 10.31334/abiwara.v1i2.792.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi,” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/common.v3i1.1950.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03