SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3556Kata Kunci:
UMKM, Media sosial,, sistem pemasaranAbstrak
UMKM merupakan usaha yang dimiliki perseorangan. UMKM diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya adalah UMKM Griya Batik Sum Gati di Kecamatan Sutojayan. Tujuan dari pengabidan kepada masarakat ini adalah membantu UMKM Griya Batik Sum Gati dalam proses pemasaran yang berbasis media sosial. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan sosialisasi pemasaran dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Kegiatan pengabdian terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan dan perencanaan, implementasi kegiatan, evaluasi dan monitoring, Hasil dari kegiatan ini adalah mitra mendapatkan pemahaman dan pengalaman baru memasarkan produk menggunakan media sosial.
Referensi
Amri A. DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. Brand J Ilm Manaj Pemasar [Internet]. 2020 Jun 29 [cited 2021 Aug 26];2(1):123–31. Available from: http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/605
Sarfiah SN, Atmaja HE, Verawati DM. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. J REP (Riset Ekon Pembangunan) [Internet]. 2019 Oct 30 [cited 2021 Aug 26];4(2):137–46. Available from: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952
Werdani RE, Kurniawati NI, Sukoco JB, Windriya A, Iskandar D. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2020;4(1):1.
Helmalia A. PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG. JEBI (Jurnal Ekon dan Bisnis Islam [Internet]. 2018 Dec 3 [cited 2021 Aug 26];3(2):237–46. Available from: https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/182
Haryanti S, Mursito B, Sudarwati. Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. J Chem Inf Model. 2017;53(9):144–51.
Supriyanto -. Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. J Ekon dan Pendidik [Internet]. 2004 [cited 2021 Aug 26];1(2). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/666
Prasetya AY, Sugiharti S, Fadhila ZR. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. BUDIMAS J Pengabdi Masy [Internet]. 2021 Feb 13 [cited 2021 Aug 26];3(1):2021. Available from: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628
Akmaliyah M. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja. J Chem Inf Model. 2013;53(9):1689–99.
Abidin Achmad Z, Zendo Azhari T, Naufal Esfandiar W, Nuryaningrum N, Farah Dhilah Syifana A, Cahyaningrum I. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. J Ilmu Komun. 2020;10(1):17–31.
Handayani NU, Sari DP, Widharto Y, ... Peningkatan Efisiensi Produksi Dan Omzet Penjualan UMKM Batik Melalui Pemanfaatan Sistem Informasi e-Commerce pada UMKM Batik Marenggo Ntaural Dyes. Jurnal … [Internet]. 2019;1(1):16–21. Available from: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/4966
Harto D, Pratiwi SR, Utomo MN, Rahmawati M. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat) [Internet]. 2019 Mar 19 [cited 2021 Aug 26];3(1):39–45. Available from: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3033
Sisfor RS, Dewi OAC, Noviasri R. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM BATIK DI KABUPATEN JOMBANG. Din J Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2019 Jun 20 [cited 2021 Aug 26];3(1):36–43. Available from: http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/2061
Evasari AD, Utomo YB, Ambarwati D. Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia J Pengabdi Masy [Internet]. 2019 Dec 2 [cited 2021 Aug 26];1(2):75–84. Available from: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/603
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.