SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR

Penulis

  • Marinda Sari Sofiyana Universitas Islam Balitar
  • Linda Dwi Lestari Universitas Islam Balitar Blitar
  • Meita Hadi Triamini Universitas Islam Balitar Blitar
  • Anggi Isna Faizah Universitas Islam Balitar Blitar
  • Verdha Risang Ardiyansyah Universitas Islam Balitar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3556

Kata Kunci:

UMKM, Media sosial,, sistem pemasaran

Abstrak

UMKM merupakan usaha yang dimiliki perseorangan. UMKM diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya adalah UMKM Griya Batik Sum Gati di Kecamatan Sutojayan. Tujuan dari pengabidan kepada masarakat ini adalah membantu UMKM Griya Batik Sum Gati dalam proses pemasaran yang berbasis media sosial. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan sosialisasi pemasaran dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Kegiatan pengabdian terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan dan perencanaan, implementasi kegiatan, evaluasi dan monitoring, Hasil dari kegiatan ini adalah mitra mendapatkan pemahaman dan pengalaman baru memasarkan produk menggunakan media sosial.

Referensi

Amri A. DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. Brand J Ilm Manaj Pemasar [Internet]. 2020 Jun 29 [cited 2021 Aug 26];2(1):123–31. Available from: http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/605

Sarfiah SN, Atmaja HE, Verawati DM. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. J REP (Riset Ekon Pembangunan) [Internet]. 2019 Oct 30 [cited 2021 Aug 26];4(2):137–46. Available from: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952

Werdani RE, Kurniawati NI, Sukoco JB, Windriya A, Iskandar D. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2020;4(1):1.

Helmalia A. PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG. JEBI (Jurnal Ekon dan Bisnis Islam [Internet]. 2018 Dec 3 [cited 2021 Aug 26];3(2):237–46. Available from: https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/182

Haryanti S, Mursito B, Sudarwati. Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. J Chem Inf Model. 2017;53(9):144–51.

Supriyanto -. Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. J Ekon dan Pendidik [Internet]. 2004 [cited 2021 Aug 26];1(2). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/666

Prasetya AY, Sugiharti S, Fadhila ZR. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. BUDIMAS J Pengabdi Masy [Internet]. 2021 Feb 13 [cited 2021 Aug 26];3(1):2021. Available from: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628

Akmaliyah M. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja. J Chem Inf Model. 2013;53(9):1689–99.

Abidin Achmad Z, Zendo Azhari T, Naufal Esfandiar W, Nuryaningrum N, Farah Dhilah Syifana A, Cahyaningrum I. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. J Ilmu Komun. 2020;10(1):17–31.

Handayani NU, Sari DP, Widharto Y, ... Peningkatan Efisiensi Produksi Dan Omzet Penjualan UMKM Batik Melalui Pemanfaatan Sistem Informasi e-Commerce pada UMKM Batik Marenggo Ntaural Dyes. Jurnal … [Internet]. 2019;1(1):16–21. Available from: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/4966

Harto D, Pratiwi SR, Utomo MN, Rahmawati M. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat) [Internet]. 2019 Mar 19 [cited 2021 Aug 26];3(1):39–45. Available from: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3033

Sisfor RS, Dewi OAC, Noviasri R. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM BATIK DI KABUPATEN JOMBANG. Din J Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2019 Jun 20 [cited 2021 Aug 26];3(1):36–43. Available from: http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/2061

Evasari AD, Utomo YB, Ambarwati D. Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia J Pengabdi Masy [Internet]. 2019 Dec 2 [cited 2021 Aug 26];1(2):75–84. Available from: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/603

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-02

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.