PELATIHAN TEKNIK DESAIN LOGO KEMASAN, PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KELOMPOK MAMA ROMI

Penulis

  • Trientje Marlein Tamtelahitu Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Asnat Juliana Luturmas Ilmu Komputer, Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Belfriet Victor Batlajery Ilmu Komputer, Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Christiansy Sameaputty Ilmu Komputer, Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Adryan N. A. Augustyn Ilmu Komputer, Universitas Kristen Indonesia Maluku

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3309

Abstrak

Pertanian organik diterapkan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan nonkimia. Pertanian organik juga telah dilakukan oleh ibu-ibu penerima manfaat PKH (Persekutuan Keluarga Harapan) Kelompok Mama Romi Gunung Nona Ambon yang berjarak 8,0 KM dari Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dengan jarak tempuh darat 24 menit. Produksi sayuran organik yang melimpah setiap tahun, menjadi masalah utama bagi Kelompok Mama Romi, di samping keterbatasan peralatan untuk menciptakan desain kemasan logo dan minimnya pengetahuan tentang pengemasan dan pemasaran hasil organik menjadi faktor lain yang tidak tercapainya keinginan kelompok Romi untuk memasarkan sayuran organik di pasar modern. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) adalah sebagai berikut: 1) Memiliki desain logo kemasan sendiri yang di desain menggunakan aplikasi MS Word; 2) Memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengemasan dan pemasaran sayuran organik yang cocok di pasar modern; 3) Peningkatan devisa dan kesejahteraan petani kelompok Romi. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Tahap persiapan; 2) Tahap pelaksanaan; 3) Program Tahap Evaluasi; dan 4) program keberlanjutan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah peningkatan keberdayaan mitra dalam membuat kemasan logo dengan MS Word sebesar 100% dan keberdayaan mitra dalam pengetahuan pengemasan dan pemasaran sebesar 80%.

Referensi

N. Hakim, F. Asyiek, I. Alamsyah, E. Rosana, and Thirtawati, “Introduksi Pengemasan dan Pemasaran Sayuran Organik Di Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin,” Pengabdi. Sriwij., vol. 4, no. 2, pp. 331–341, 2016.

I. P. Darwanto, “Peran Kelompok Tani Sayuran Organik Terhadap Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Desa Batur, Kabupaten Semarang),” Bisnis dan Ekon., vol. 23, no. 2, pp. 105–123, 2016.

“PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat,” Aptekmas, vol. 3, no. 2, pp. 20–28, 2020.

T. Wisudawati et al., “Pelatihan Perancangan Kemasan Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Di Pabrik Krupuk SGM Mulya,” Aptekmas, vol. 3, no. 3, pp. 6–13, 2020.

N. Luh et al., “Teknik Pemasaran Sabun Cuci Piring Chemlight Berbasis Online Di Desa Fajar Baru Lampung Selatan,” Aptekmas, vol. 3, no. 1, pp. 18–23, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-06