PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PERSIAPAN E-LEARNING BAGI DOSEN STMIK WIDYA CIPTA DHARMA
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3454Kata Kunci:
Video Pembelajaran, Pembelajaran OnlineAbstrak
STMIK Widya Cipta Dharma merupakan lembaga pendidikan ilmu komputer di Kalimantan Timur yang berperan aktif dalam menyiapkan dan pengadaan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas. STMIK Widya Cipta Dharma didirikan oleh Yayasan Widya Cipta Dharma pada tahun 1991. STMIK Widya Cipta Dharma mempunyai kewajiban melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Meneruskan ilmu pengetahuan atau transfer of knowledge kepada para mahasiswa merupakan bagian dari Tridarma. dosen harus mampu menyampaikan materi secara konsisten sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Pada tahun 2020, untuk mengurangi penyebaran Virus Corona (Corona-19). STMIK Widya Cipta Dharma menindak lanjutin surat edatan pemerintah untuk mengubah bentuk kuliah tatap muka menjadi pembelajaran daring. Dosen diwajibkan untuk dapat mengupload materi pembelajaran di platform khusus yang dibuat untuk pembelajaran online, ada beberapa kendala yang menyebabkan perkuliahan online tidak berjalan dengan baik, salah satunya adalah tidak semua dosen mampu membuat media pembelajaran khususnya membuat video dan menggunakan software untuk proses editing video dengan baik, guna meningkatkan pengetahuan dalam proses pembuatan media pembelajaran, maka dibuatlah pelatihan pembuatan video dengan tujuan membantu dosen dalam membuat materi mengajaran yang dapat diupload di welearn (Wicida E-Learning). Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode penelitian terapan yaitu Pretest, Pemberian materi, Praktek, Posttest, dan Pemantauan hasil.
Referensi
S. Riadi, E. N. Normelani, M. Efendi, I. Safitri, and G. Firza Ismi Tsabita, “Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19,†PADARINGAN (Jurnal Pendidik. Sosiol. Antropol., vol. 2, no. 2, p. 219, 2020, doi: 10.20527/padaringan.v2i2.2151.
Y. Sri, “Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia,†Widya, vol. 29, no. 318, pp. 28–33, 2012.
L. Anhusadar, “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19,†KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 1, p. 44, Apr. 2020, doi: 10.24014/kjiece.v3i1.9609.
S. Syafruddin, W. Noviati, I. D. Lestari, and ..., “PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SISWA MTS AL-MUDDATSIRIYAH PADA MASA PANDEMI COVID 19,†Aptekmas J. …, vol. 4, no. 3, 2021, doi: 10.36257/apts.vxix.
W. Setiawan and A. Hatip, “Pelatihan Penggunaan Platform Pembelajaran di Era New Normal bagi Guru-Guru SD Islam Insan Mulia,†J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 8–16, 2021, doi: 10.36257/apts.vxix.
N. Kustian, S. Julaeha, and D. Parulian, “Pelatihan Media E-Learning Berbasis Web pada Guru Sdn Jatimekar I Bekasi,†Aptekmas J. Pengabdi. …, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.36257/apts.vxix.
S. H. Harahap, “PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI,†J. Ris. Akunt. DAN BISNIS, vol. 15, no. 1, p. 14, 2015.
S. Qomariah, A. Y. Rangan, and Amelia Yusnita, “Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda,†BANTENESE J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 110–119, 2020, doi: 10.30656/ps2pm.v2i2.2872.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.