SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI ISB ATMA LUHUR PANGKALPINANG

Penulis

  • Kiswanto Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur
  • Benny Wijaya ISB Atma Luhur, Pangkalpinang
  • Yurindra ISB Atma Luhur, Pangkalpinang
  • Marini Mar ISB Atma Luhur, Pangkalpinang
  • Sarwindah ISB Atma Luhur, Pangkalpinang
  • Supardi ISB Atma Luhur, Pangkalpinang

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4733

Kata Kunci:

Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Mendaftar Online Web, Mendaftar Online Smartphone.

Abstrak

Pada saat penerimaan mahasiswa baru, biasanya panitia mengalami kerepotan dengan segala berkas dan data yang masuk. Pendaftar juga mengalami kesulitan waktu dan tenaga saat melakukan proses pendaftaran. Kesalahan dalam proses memasukkan dan mengolah data yang dilakukan administrator juga tidak dapat dihindari, sehingga dibutuhkan aplikasi  penerimaan mahasiswa baru. Aplikasi  penerimaan mahasiswa baru adalah aplikasi yang digunakan untuk calon mahasiswa baru yang mau masuk kuliah di kampus ISB Atma Luhur Pangkalpinang, sehingga memudahkan calon mahasiswa baru untuk mendaftar via online web dan smartphone tanpa harus datang ke kampus. Permasalahan pada calon mahasiswa baru adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan aplikasi tersebut. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan diharapkan untuk mempermudah pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Aplikasi berisi proses pendaftaran mahasiswa baru secara online, mulai dari pengisian data, pengolahan data sampai dengan laporan. Sasaran penggunaan aplikasi penerimaan mahasiswa baru ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XII semua jurusan, baik sekolah MA/SMA/SMK se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil dari kegiatan sosialisi aplikasi penerimaan mahasiswa baru ini menunjukkan : (1) calon mahasiswa baru yang akan daftar memiliki pengetahuan tentang penggunaan aplikasi tersebut, (2) calon mahasiswa baru yang akan daftarakan memiliki pengetahuan dalam melakukan proses pendaftaran (3) calon mahasiswa baru akan mendapatkan informasi penerimaan mahasiswa seperti jadwal, tes dan briefing, biaya kuliah, dll.

Referensi

B. Wijaya, “Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru,” pp. 1–7.

D. W. Nanda, R. Ulva, and Andiyanto, “Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 16–23, 2020.

M. Faisal and Ida, “Smp It Yaabunayya Fathul Khaer Makassar,” Aptekmas, vol. 4, no. 4, pp. 8–11, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp8-11.

R. Perdana, “Jurnal Sumbangsih Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Peningkatan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi di Kota Bandar Lampung,” no. October, pp. 71–81, 2021.

M. I. Helmy Fitriawan and H. D. Septama, “Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru unila dalam kondisi pandemi covid-19,” J. Sakai Sambayan, vol. 5, no. 1, pp. 73–78, 2021.

運動器分科会, “No Title超高齢社会における運動器の健康بیبیب,” ثبثبثب, vol. ث ققثق, no. ثق ثقثقثق, p. ثقثقثقثق.

A. Akib, “Evaluasi Kebijakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Kendari,” Shautut Tarb., vol. 26, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.31332/str.v26i1.1441.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03