PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SD NEGERI 3 TEGALLINGGAH

Penulis

  • Ida Bagus Ardhi Putra Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4729

Kata Kunci:

teacher training, online teaching materials, learning media, power point

Abstrak

Bidang pendidikan merupakan salah satu sektor kegiatan yang terdampak dari pesatnya penyebaran wabah Covid-19 sehingga semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Perubahan pembelajaran secara mendadak menyebabkan banyak guru-guru tidak siap menghadapi pembelajaran secara daring sepenuhnya. Salah satu sekolah yang mengalami masalah tersebut adalah SDN 3 Tegallinggah. Masalahnya adalah bahan ajar yang digunakan guru untuk pembelajaran daring kurang menarik bagi siswa disebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran. Untuk itu tim pengabdian kepada masyarakat ITEKES Bali melakukan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru di SDN 3 Tegallinggah. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari secara tatap muka. Materi pelatihan meliputi pembuatan media pembelajaran yang menarik dengan Microsoft Powerpoint. Hasil PkM ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan penggunaan aplikasi powerpoint. Peningkatan pengetahuan dibuktikan dengan nilai pretes dan posttes. Peningkatan keterampilan guru dibuktikan dengan guru-guru mampu mempraktekkan pembuatan slide presentasi dengan menggunakan powerpoint dengan baik menggunakan aturan-aturan yang diberikan selama pelatihan.

Referensi

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214–224.

Romli, N. A., Safitri, D., Nurpratiwi, S., & Alexander, J. L. (2021). Pelatihan Zoom Cloud Meeting Dan Streaming Youtube Untuk Pemberdayaan Komunitas Majelis Taklim Online. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(3), 44-49.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.)

Nurany, F., Sugandi, H. K., & Anarys, A. S. P. (2021). Pendampingan Belajar Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1).

Rahayu, P., Jannah, W. J., & Donal, A. (2022). Pelatihan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era New Normal Bagi Guru-Guru SD 020 Rambah Hilir. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 162-167.

Putra, I. B. A., & Sutrisna, I. P. G. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 67-74.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03