PENGENALAN PENGGUNAAN SIMULASI PENGECORAN BAGI USAHA COR LOGAM DI PALEMBANG

Penulis

  • Irawan Malik State Polytechnic of Sriwijaya
  • Moch. Yunus Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Dwi Arnoldi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yogi Eka Fernandes Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3500

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Cor Logam, CAD, CAE, Cast Defects

Abstrak

Masalah dalam pengecoran logam antara lain adalah cacat rongga udara akibat penggunaan model pelat tuang dan saluran turun yang langsung digunakan pada cetakan pasir; udara atau gas dari cetakan pasir atau logam cair bekas aluminium tidak dapat keluar melalui rongga di antara butiran pasir selama proses penuangan; pasir sungai berupa butiran pasir kristal yang dapat mempengaruhi ketahanan api dan permeabilitas yang rendah pada cetakan pasir, sehingga membutuhkan bahan pengikat dalam jumlah besar; dan kadar air pada pasir sungai untuk pembuatan cetakan pasir kurang dari 1,5% - 8% akibatnya lempung akan mengalami kekurangan daya ikat pada pasir. Berangkat dari permasalahan diatas maka perlu diperhatikan tahapan perancangan khususnya dalam bidang  desain produk coran yang saat ini banyak menggunakan software yang dapat menunjang bisnis, seperti Solidworks Computer Aided Design - software Computer Aided Manufacturing dan casting dari perangkat lunak simulasi seperti Altair Inspire cast. Perancangan benda cor dan simulasi dalam persiapan pembuatan cetakan dan coran inti menggunakan beberapa perangkat lunak bertujuan untuk mendapatkan ketelitian benda cor sehingga tidak memerlukan banyak pekerjaan finishing dan simulasi proses pengecoran diharapkan dapat mengurangi kegagalan pengecoran. Inti dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui skema penugasan untuk industri kecil pengecoran logam di Palembang adalah bagaimana memberikan pengetahuan teoritis tentang perancangan benda cor menggunakan software CAD dan simulasi proses pengecoran yang biasanya digunakan untuk mahasiswa program studi D -IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (TMPP) - Politeknik Negeri Sriwijaya. untuk mengetahui model desain dan proses pengecoran terbaik sehingga dapat meminimalkan cacat pengecoran.

Referensi

Surdia, T. dan Saito, S. 2006, Pengetahuan Bahan Teknik, Jakarta: Balai Pustaka

Sumpeno & Sukarjo. 2016. Pengaruh Dimensi Saluran Masuk pada Scrap Aluminium Sand Casting Pulley terhadap Kekerasan, Ketangguhan dan Struktur Mikro. PoliteknoSainsS, Vol. XV, No 2.

Giri, W. A. 2012. Peningkatan Yield dan Sifat Mekanis Produk Cor Cylinder Head Paduan Aluminium Melalui Perbaikan Coran Design dan Penambahan Titanium Flux. Tesis. Fak. Teknik. Prodi Metalurgi dan Material. UI

Andrijono & Sufiyanto. 2018. Bimtek Mutu Produk Cor Baling-Baling Kapal Nelayan Hasil Cetakan Pasir Dengan Bahan Dasar Skrap Aluminium Bagi IKM Disperindag Kota Pasuruan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang. Vol. 3, Nomor 2, Desember 2018

Lampman, S. 2009. Coran Design and Performance. Ohio: ASM International

Supriyanto. 2018. Desain dan Proses Pembuatan Cetakan Permanen dengan Material Logam Besi Cor Kelabu Hasil Coran Pasir CO2 untuk Proses Pembuatan Flange dengan Material Kuningan (CuZn). Prodi Teknik Mesin. Fakultas Teknik. UMM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02