PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN II TAHUN 2021 DI SDN 101 INPRES UJUNG KABUPATEN MAROS

Penulis

  • Rahma Ashari Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4345

Kata Kunci:

pendampingan kampus, tik, pembelajaran online, platfrom aplikasi

Abstrak

Program Kampus Mengajar memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut berpartisipasi memberikan kontribusi pada dunia pendidikan. Pada pelaksanaan kampus mengajar di SDN 101 Inpres Ujung Kabupaten Maros mahasiswa yang berjumlah 5 orang yang berasal dari berbagai universitas di Makassar melakukan beberapa program kegiatan selain membantu kegiatan belajar mengajar. Kegiatan tersebut diantaranya adalah penyusunan administrasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan situasi dan kondisi belajar masa pandemic covid-19, pembuatan media pembelajaran berbasi TIK untuk membantu guru melaksananakan proses pembelajaran, pembenahan kelas untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman dan menarik, penataan perpustakaan dengan melengkapi administrasi dan pengorganisasian buku untuk mendukung kegiatan literasi sekolah, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan guru memanfaatkan platfrom aplikasi pembelajaran daring untuk memudahkan guru melaksanakan pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan lain yang berbasis daring.  Kegiatan tersebut didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Pelaksanaan program di sekolah sasaran Kampus Mengajar tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa, guru, dan siswa untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Referensi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1I. Jakarta: Kemendikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti

Suhartoyo, E., dkk. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Handayani, A. S., & Lindawati, L. (2019, June). Aplikasi Buku Digital Sebagai Media Pembelajaran di Ponpes Ar-Rahman Palembang. In Annual Research Seminar (ARS) (Vol. 4, No. 2, pp. 6-13).

Handayani, A. S., Husni, N. L., Rumiasih, R., Sitompul, C. R., Soim, S., Nurdin, A., ... & Nurhaida, N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Simulasi Rangkaian Listrik Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02