Rancang Bangun Cetakan Seal Apar Diameter 32.60 MM

Isi Artikel Utama

Ikhlasul Hanif Akbar
Fatahul Arifin
Dwi Arnoldi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat seal apar diameter 32.60 mm berbahan dasar karet dengan menggunakan alat Compression Molding. Compression Molding sendiri merupakan seperangkat alat pencetakan dengan cara dipanaskan dan ditekan. Skema  proses-proses  dasar  terdiri dari  memanaskan charge (thermostat dan lainnya)  dengan  suhu tertentu, didalam rongga cetakan lalu ditekan dengan tekanan tertentu.
Proses diawali dengan mempersiapkan alat, membuat mold, dan dilakukan pembuatan karet menjadi seal apar diameter 32.60mm. Setelah semua sudah dipersiapkan, setelah itu potong kecil-kecil karet hingga memenuhi volume seal yang ada di dalam mold dan karet dimasukkan ke dalam mold. Press mold menggunakan dongkrak hingga mold rapat dan pemanasan dilakukan. Atur suhu yang diinginkan menggunakan thermostat. Setelah selesai, pengukuran penyusutan seal meliputi diameter dalam, diameter luar, dan tebal seal kemudian dibandingkan dengan ukuran mold sehingga bisa diambil kesimpulan.
Penelitian yang sudah dilakukan pada skema Press Molding didapatkan rata-rata persentase penyusutan pada lama waktu vulkanisasi karet 20 menit adalah Diameter Luar 1.01%, Diameter Dalam 0.67%, dan Tebal 0.46%. Rata-rata penyusutan pada lama waktu vulkanisasi karet 40 menit adalah Diameter Luar 0.72%, Diameter Dalam 0.55% dan Tebal 0.15%. Penghitungan penyusutan itu dipengaruhi dari kepadatan struktur setelah proses pengujian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hanif Akbar, I., Arifin, F., & Arnoldi, D. (2023). Rancang Bangun Cetakan Seal Apar Diameter 32.60 MM. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 4(1), 10–15. https://doi.org/10.5281/zenodo.7684065
Bagian
Articles

Referensi

Fatahul Arifin, Fenoria Putri, Iskandar, Mulyadi, Suparjo, Franando dan Yusuf Dewantoro Herlambang (2020). Optimization of Stroke Rehabilititation Hand Component of 3D Printing With Taguchi Method Approach. Atlantis Highlight in Engineering, 1-6.

Fatahul Arifin, Dwi Arnoldi, Ella Sundari, Fenoria Putri, Feby Agasa, Yudha Ramadhan, Gustaf Susetyo dan Yusuf Dewantoro Herlambang (2020). Studi Analisis Simulasi Kekuatan Beban pada Alat Bantu Pembuatan Lubang dengan Sudut Kemiringan 45 Derajat. Jurnal Polimesin, 1-8.

Lindriati, T dan Hari Arbiantara (2010). Pengembangan Proses Compression Molding dalma pembuatan Edible Film dari tepung koro pedang. J. Teknol dan Industri Pangan, 53-54

Muhammad Al Haramain dan Riki Effendi (2017). Perancangan Silinder Hidrolik Pada Mesin Molding Karet Dengan Kapasitas 25 Ton. Jurnal Mesin Teknologin, 1-7.

Wirda Novarika, Fatahul Arifin, Eka Satria Martomi, Indra Gunawan dan Fathur Raihan Perdana (2021). Design Manufacture Of Fixture Fire Fighter Kit. Internasional Journal of Research in Vocational Studies (IJRVOCAS), 1-9.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>