ANALISA KELAYAKAN PEGAS DAUN UNTUK PAHAT PEMBUBUTAN POROS PADA MATERIAL ALUMINIUM 6061

Main Article Content

Wahyu Setiawan
Muhammad Rasid
Suparjo .

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecepatan putaran mesin (rpm) terhadap kekasaran permukaan poros pada aluminium seri 6061 yang dibubut menggunakan mesin bubut konvensional dengan menggunakan metode pengolahan data analisis varian (ANOVA) yang digunakan untuk mendapatkan level dan faktor yang optimal serta menganalisis level faktor pada nilai kekasaran permukaan poros aluminium 6061. Proses pembubutan menggunakan jenis pahat high steel speed, pahat yang dibuat dari material pegas daun bekas yang dilakukan proses quenching tempering dan tanpa perlakuan panas. Dari hasil proses pembubutan menggunakan pahat tersebut dan diuji nilai kekasarannya, mendapatkan hasil nilai kekasaran tertinggi yaitu 2,51 Ra(um) pada kecepatan putaran mesin 382 rpm dan menggunakan jenis pahat pegas daun bekas tanpa perlakuan. dan nilai terendah yaitu 0,96 Ra(um) pada kecepatan putaran mesin 1.146 rpm dan menggunakan jenis pahat high steel speed.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, W., Rasid, M., & ., S. (2021). ANALISA KELAYAKAN PEGAS DAUN UNTUK PAHAT PEMBUBUTAN POROS PADA MATERIAL ALUMINIUM 6061. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 2(2), 105–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.5812360
Section
Articles

References

Arifin, F., dan Wijianto. 2008. Pemanfaatan Pegas Daun Bekas Sebagai Bahan Pengganti Mata Potong (PUNCH) Pada Alat Bantu Produksi Masal (PRESS TOOLS). Jurnal Media Mesin Volume 9 Nomor 1. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saputra. A., Firdaus., dan Gunawan I. 2021. PENGARUH VARIASI MEDIA PENDINGIN OLI, DROMUS, MINYAK SAYUR TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA SS-400 PADA PROSES MESIN BUBUT KONVENSIONAL. Jurnal Machinery Teknologi Terapan Volume 2, Nomor 1. Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sepriyanto, D., Wilza R., dan Zamheri. 2014. PENGARUH SPINDLE SPEED, FEEDING DAN DEPTH OF CUTPADA TURNING CNC DENGAN MATERIAL PLASTIK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN. Jurnal Austenite Volume 6 Nomor 1. Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.

Effendi, S., Putri, F., dan Purnomo, G. 2020. PENGARUH QUENCHING TERHADAP KEKERASAN MATERIAL BAJA JIS SUP 9. Jurnal Machinery Teknologi Terapan Volume 1, Nomor 1. Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.