ANALISA PENGARUH PEGAS PADA MASTER SILINDER BAGIAN ATAS TERHADAP FUNGSI PENGEREMAN SISTEM REM TWO-LEADING

Authors

  • Mulyadi Mulyadi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Iskandar Ismail Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Suparjo Suparjo Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Moch Yunus Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Spring (pegas), seal, oli rem, pipa saluran minyak rem, master roda.

Abstract

Ditengah kemajuan dan perkembangan zaman sekarang ini, dunia industry outomotife menempati posisi yang sangat strategis, dalam hal, ini  tidak terlepas dari konsumen yang banyak membutuhkan kendaraan roda empat (mobil), pada kendaraan roda empat ini tidak terlepas dari sistem yang bekerja pada mobil tersebut, mulai dari kerja mesin dan tak kala penting yaitu sistem pengereman yang baik, pada kendaraan apa saja rem merupakan komponen yang sangat pital untuk diperhatikan sistem kerjanya, karena kerusakan pada rem dapat menyebabkan masalah yang sangat pital bahkan dapat merenggut nyawa sekalipun.oleh karena itu rem perlu di perhatikan secara serius untuk menghindari dari kecelakaan.Dari hasil survey yang di lakukan dilapangan mekanik mendapatkan kesulitan jika rem tersebut sudah diperbaiki tetapi tidak bekerja dengan sempurna,sesuai dengan cara kerja sistem rem hidrolik type rem two-leading,sebenarnya tidak ada masalah tetapi terkadang kita lupah bahwa sistem rem yang menggunakan buster dan master rem dibagian atas ia mempunyai komponen yang terkadang oleh mekanik tidak di perhitungkan yaitu spring yang terdapat pada master atas, karena fungsi spring tersebut adalah untuk menekan fluida cair yang akan di kirim keseluruh roda, oleh karena itu peneliti akan mencoba membuktikan sejauh manah pengaruh spring (pegas)yang ada pada master silinder (silinder utama) di bagian atas terhadap fungsi rem hydrolik type two-leading ini.  Karena didalam master tersebut terdapat dua bagian silinder dan didalamnya terdapat pegas untuk menekan seal yang mendorong fluida cair (oli) rem tersebut kesalurannya masing-masing,solusi yang akan di lakukan dalam penelitian ini adalah kita harus melakukan pengujian lelah dan compression terhadap spring (pegas) yang ada pada master utama tersebut, adapun metode yang akan digunakan adalah metode exsperiment dan analitik terhadap hasil pengujian laboratorium tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mulyadi Mulyadi, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Iskandar Ismail, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Suparjo Suparjo, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin Polsri

Moch Yunus, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin Polsri

References

1. Daryanto, 1997, Teknik perbaikan mobil, Jakarta,PT. pradnya pramita
2. Joseph Shigley, (1992), PerencanaanTeknik Mesin II, Jakarta: Erlangga
3. Mulyadi, 1999, Perbaikan chasis danPemindahan Tenaga, Bandung armoco.
4. Saleh Marie, (1992), TeknikPemeliharaan Mobil, Jogjakarta:Kanisius
5. Schuring, H, Teknik Kendaraan Bermotor 1, (1990), Bandung:Binacipta
6. Team, 1996, Training Manual, Toyota Quality service, Jakarta, PT. Astra motor.
7. Yulianto, (2005), Perbaikan Sistem Rem, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
8. Yuwono, Akhmad Herman, (2009)Karakterisasi Material, Bahan Ajar,Universitas Diponegoro
9. http://lib.unnes.ac.id/1389/1/2265.pdf
10. https://www.scribd.com/document/350317112/Makalah-Rem-Tromol-Dan-Rem-Cakram-Pada-Mobil

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Mulyadi, M., Ismail, I., Suparjo, S., & Yunus, M. (2018). ANALISA PENGARUH PEGAS PADA MASTER SILINDER BAGIAN ATAS TERHADAP FUNGSI PENGEREMAN SISTEM REM TWO-LEADING. AUSTENIT, 10(1), 21–27. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/austenit/article/view/873

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.