STUDI AWAL PERENCANAAN SISTEM MEKANIKAL DAN KELISTRIKAN PIPA PENSTOCK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI-HIDRO PADA DESA PENYANDINGAN KAB. OKU SELATAN

Main Article Content

H. Azharuddin

Abstract

Perkembangan listrik pedesaan yang belum terjangkau oleh jaringan listrik PLN masih tergantung pada pemakaian mesin diesel. Minat terhadap mesin diesel telah mengalami penurunan akhir-akhir ini, karena biaya operasional terutama harga bahan bakar yang terus meningkat dan kekurangan- kekurangan lainnya yang tidak dapat diabaikan misalnya ; pemadaman berkala, biaya kebutuhan pemeliharaan dan kesulitan yang dialami oleh para staf dalam melakukan pengiriman bahan bakar yang disebabkan oleh keadaan jalan desa yang belum memadai dan jarak yang cukup jauh dari agen penyuplai. Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Mini-Hidro (PLTMH) merupakan salah satu bentuk energi alternative yang sangat mungkin untuk dikemangkan di Negara-negara dengan sumber air yang tersebar luas, misalnya Indonesia. Untuk melaksanakan pembangunan PLTMH diperlukan suatu perencanaan yang matang sehingga perlu disurvey tentang potensi sungai dan kondisi desa tersebut. Di daerah pedesaan umumnya terdapat saluran irigasi yang utama berfungsi untuk mengairi sawah dan juga berpotensi untuk digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Studi awal perencanaan bagian-bagian PLTMH dari segi mekanikal dan kelistrikan meliputi, turbin, powerhouse, generator dari PLTMH yang direncanakan, berdasarkan hasil pembahasan saluran irigasi di Desa Penyandingan Kab. OKU Selatan memiliki potensi energy energy listrik sebesar 318,30 Kw.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azharuddin, H. (2010). STUDI AWAL PERENCANAAN SISTEM MEKANIKAL DAN KELISTRIKAN PIPA PENSTOCK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI-HIDRO PADA DESA PENYANDINGAN KAB. OKU SELATAN. AUSTENIT, 2(01). https://doi.org/10.5281/zenodo.4544122
Section
Articles

References

1. Arismunandar, Dr. dan Dr. Susumumu Kuwahar, Pembangkitan dengan Artono tenaga air, Buku Pegangan Teknik Tenaga Listrik, Jilid I, Pradnya Paramita, Jakarta : 1974.
2. Wiranto Arismunandar, Ir. Penggerak Mula Turbin, Universitas ITB, Bandung : 1977.
3. W. Culp Archie, Jr., Ph. D., Penerjemah Ir. Darwin Sitompul, M.Eng, Prinsip- Prinsip Konversi Energi, Erlanggga, Jakarta : 1977.
4. Zuhal, Dasar Teknik Listrik, Universitas ITB, Bandung :
1977.
5. Penembangan Produksi Turbin Mikro Hydro, PT Bereta Indonesia, Lokakarya PLTM Peningkatan Swadaya Masyarakat Dalam Pengembangan Mikro Hydro, PLN Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan, Direktorat Jendral Listrik dan Energi Baru, Jakarta ; 16-17 Januari 1985.
6. Arismunandar A, Teknik Tenaga Listrik, Jilid I Pembangkitan Dengan Tenaga Air, Pradnya Paramita, Jakarta : 1979.
7. Ramadhan Otto, Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro-Hidro Dengan Memanfaatkan Kecepatan Aliran Sungai, Tugas Akhir, Teknik Elektro Universitas Diponegoro, Semarang : 2003.
8. Arismunandar W, Turbin, Penerbit ITB, Bandung : 1997.
9. Patty O. F., Tenaga Air, Erlangga, Jakarta : 1995.
10. PT. PLN (Persero) Jasdik, Pembangkitan : 1997.
11. Sharma, K. N. Pembangkit Listrik Tenaga Air, Jakarta, UI- Press : 1991.
12. Wakil, M. M. EL, Instalasi Pembangkit Daya, Erlangga, Jakarta : 1992.
13. Sulasno, Ir. Pusat Pembangkit Tenaga Lstrik, Satya Wacana, Semarang : 1992.