ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS DAN KARDUS UNTUK PENYERAPAN SISA FLUIDA CAIR PADA INDUSTRI (STUDI KASUS di PT. XYZ)

Main Article Content

Dicky Seprianto
Moch Yunus
Ahmad Zamheri
Dodi Endra
Moch Yusuf
Alief Burhanuddin

Abstract

Kertas merupakan telah menjadi salah satu kebutuhan pokok disemua aktifitas perkantoran pada setiap Industri, sehingga tidak bisa dihindari lagi kertas dapat menjadi limbah yang langsung dibuang ke TPA. Begitupun juga dengan Kardus bekas kemasan barang-barang khususnya barang mueble perkantoran seperti bekas kemasan pembelian kursi, meja, AC dan barang perkantoran lainnya serta bekas kemasan makanan dan minuman merupakan limbah yang sama seperti halnya dengan kertas dapat langsung dibuang ke TPA. Oleh karena itu peneliti akan mencoba memanfaatkan limbah kertas dan kardus untuk menyerap dan mengisolir tumpahan, ceceran, maupun genangan sisa fluida cair agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Dengan menggunakan alat yang disebut Absorbent Pillow dari campuran cacahan kertas dan kardus. Alat ini dapat digunakan untuk menyerap sisa fluida cair seperti: genangan air, tumpahan minyak, maupun bocoran oli. Dalam penelitian ini akan dianalisis seberapa besar daya serap zat cair (air, oli, minyak mentah) terhadap campuran kertas dan kardus dengan waktu dan kompisisi yang ditentukan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Seprianto, D., Yunus, M., Zamheri, A., Endra, D., Yusuf, M., & Burhanuddin, A. (2018). ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS DAN KARDUS UNTUK PENYERAPAN SISA FLUIDA CAIR PADA INDUSTRI (STUDI KASUS di PT. XYZ). AUSTENIT, 10(2), 43–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547646
Section
Articles
Author Biographies

Dicky Seprianto, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Moch Yunus, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Ahmad Zamheri, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Dodi Endra, Politeknik Negeri Sriwijaya

mechanical engineering

Moch Yusuf, Politeknik Negeri Sriwijaya

mechanical engineering

Alief Burhanuddin, Politeknik Negeri Sriwijaya

mechanical engineering

References

1. Haffandi, Linda. 2010, Pengaruh Berbagai Jenis Terhadap Kecepatan Kapilaritas Zat Cair. (online), (http://linda-haffandi.blogspot.co.id/2010/12/pengaruh-berbagai-jenis-kertas-kertas.html, diakses tanggal 20 Januari 2018).
2. Permatasari, Deka, 2018, Penelitian Daya Serap Air Terhadap Kertas – Uji Swelling. Laporan Penelitian. (online). (https://www.academia.edu/12158126/swelling), diakses tanggal 20 Januari 2018.
3. R.M, Egi, M. 2016, Makalah Industri, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Guna Darma, Bekasi.
4. Akkas Hidayat, R. 2012, Makalah Pengolahan Limbah Kertas. (online), (https://rakamunited17.wordpress.com/2013/01/12/makalah-pengolahan-limbah-kertas/), diakses tanggal 19 Januari 2018.
5. Hasanah, P, et al, 2015, Makalah Pengolahan Minyak Bumi dan Kilang. Makalah. Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan.
6. ……..,absorbent pillow, 2018, http://www.slickbar.co.id/id/produk/detail/absorbent-pillow, diakses tanggal 21 Januari 2018.
7. SNI 0499:2008, Kertas dan Karton - Cara Uji Daya Serap Air - Metode Cobbx.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>