PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM DIMASA PENDEMI COVID-19 DI DESA SEMBAWA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

Penulis

  • Rio Andriyat Krisdiawan
  • Sugeng Supriyadi Universitas Kuningan, Indonesia
  • Nunu Nugraha Universitas Kuningan, Indonesia
  • Indah Suci Rahmawati Universitas Kuningan, Indonesia
  • Diaz Athya Rahma Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4335

Kata Kunci:

ICT, Covid-19, MSME

Abstrak

Abstrak lndonesia telah menyatakan COVID-19 sebagai bencana non alam berupa wabah penyakit yang wajib dilakukan upaya penanggulangan sehingga tidak terjadi peningkatan kasus. Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan dan mengganggu aktivitas ekonomi nasional, salah satunya adalah di sector UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di kabupaten kuningan. Berdasarkan data BPS Kabupaten Kuningan, terdapat 192 UMKM yang ada di Kecamatan Jalaksana, dari 5151 UMKM yang dibina oleh DINAS. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Covid-19 membuat supply dan demand serta rantai pasok terganggu. Banyak UMKM di Kabupaten Kuningan yang terpaksa harus mengehentikan produksinya. Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM, dalam memanfaatkan peran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).  Penggunaan TIK di era pandemic Covid-19, sangat diutamakan terutama sebagai Langkah strategis dalam pemasaran produk UMKM. Pembatasan Sosial berskala besar di era pandemic covid-19 menuntut masyarakat melakukan adaptasi kebiasaan baru. adaptasi kebiasaan baru dalam melakukan semua rutinitas, salahsatunya adalah dengan memanfaatkan TIK dalam berbagai bidang, seperti berkomunikasi dan bertransaksi. Hal ini menjadi point penting dalam strategi pemasaran produk UMKM dimasa pandemic covid-19 dengan menerpkan TIK. Kata Kunci : TIK, COVID-19, Produk UMKM.

Referensi

R. A. F. A. &. H. F. Krisdiawan, "Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Pandemi Covid-19 untuk Mendukung Koordinasi Kerja Aparatur Desa Sembawa, Kuningan Jawa Barat," Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 111-115, 2021.

R. A. &. Y. Y. Krisdiawan, "Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang," Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 130-134, 2020.

M. e. a. Sofiyana, "Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar," Aptekmas , vol. 4, no. 4, pp. 96-100, 2021.

D. P. a. R.Nuraeni, "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House)," J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71-80, 2019.

F. &. B. A. Giones, " Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda," Technology Innovation Management Review, vol. 7, no. 5, 2017.

G. M. A. &. P. G. Elia, "Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process," Technological Forecasting and Social Change, p. 150, 2020.

R. I. P. F. S. C. Simamora, "Pelatihan Aplikasi Keuangan AKUNTANSIKU Bagi UMKM Binaan Wahana Visi Indonesia Jakarta," Aptekmas, vol. 4, no. 3, pp. 94-98, 2021.

KBBI edisi 2, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03